PENGARUH RANSUM YANG MENGANDUNG AMPAS TAHU DIFERMENTASI DENGAN KHAMIR Saccharomyces sp.TERHADAP KOMPOSISI FISIK KARKAS BROILER UMUR 6 MINGGU

  • Sari N.M.L.P Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • I G.N.G Bidura Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • N W. Siti Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ransum yang mengandung ampas tahu yang difermentasi dengan Saccharomyces sp. sebagai sumber probiotik terhadap komposisi fisik karkas broiler umur 6 minggu.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan enam kali ulangan. Ketiga perlakuan tersebut adalah : ayam yang diberi ransum tanpa ampas tahu terfermentasi oleh khamir Saccharomyces sp. kontrol (A), ayam yang diberi ransum dengan penambahan 5% ampas tahu yang difermentasi oleh khamir Saccharomyces sp.(B) dan Ayam yang diberi ransum dengan penambahan 10% ampas tahu difermentasi oleh khamir Saccharomyces sp. (C). Variabel yang diamati adalah persentase daging karkas, persentase tulang karkas, persentase lemak subkutan termasuk kulit, dan konsumsi lisin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ransum yang mengandung ampas tahu difermentasi dengan khamir Saccrharomyces sp. sebagai sumber probiotik di level 5% - 10% dalam ransum nyata (P<0,05) dapat meningkatkan daging karkas dan konsumsi lisin bandingkan dengan kontrol (A). Persentase tulangĀ  menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata (P>0,05) dibandingkan kontrol (A), persentase lemak subkutan termasuk kulit menunjukan hasil berbeda nyata (P<0,05) lebih tinggi di bandingkan kontrol (A), dan penggunaan ampas tahu difermentasi khamir Saccharomyces sp.pada level 5%-10% dalam ransum dapat meningkatkan konsumsi asam amino lisin. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemberian ransum yang mengandung ampas tahu difermentasi dengan kultur Saccharomyces sp. pada level 5% - 10% dapat meningkatkan persentase daging karkas, konsumsi lisin dan menurunkan persentase lemak subkutan termasuk kulit, namun belum berpengaruh terhadap persentase tulang karkas ayam broiler umur 6 minggu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sari N.M.L.P, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

I G.N.G Bidura, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

N W. Siti, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Published
2016-02-01
How to Cite
N.M.L.P, Sari; BIDURA, I G.N.G; SITI, N W.. PENGARUH RANSUM YANG MENGANDUNG AMPAS TAHU DIFERMENTASI DENGAN KHAMIR Saccharomyces sp.TERHADAP KOMPOSISI FISIK KARKAS BROILER UMUR 6 MINGGU. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 170-183, feb. 2016. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/22730>. Date accessed: 23 may 2022.
Section
Articles

Keywords

Probiotik, Saccharomyces sp., komposisi fisik karkas, broiler.