PENGARUH KOMPOSISI HIJAUAN DENGAN LEVEL KONSENTRAT YANG BERBEDA PADA RANSUM TERHADAP KOMPOSISI TUBUH DAN RETENSI NUTRIEN KAMBING PERANAKAN ETAWAH (PE)

  • Widnyana I.G Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • Suryani N.N Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • IK.M Budiasa Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi hijauan dengan level konsentrat yang berbeda dalam ransum terhadap komposisi tubuh dan retensi nutrien kambing PE. Lokasi penelitian dilaksanakan di Teaching Farm Fakultas Peternakan, Universitas Udayana Kampus Bukit, Jimbaran. Penelitian dilakukan selama 3 bulan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 3 perlakuan ransum dengan 3 kelompok berat badan ternak kambing sebagai ulangan. Peubah yang diamati adalah komposisi tubuh yakni kadar air tubuh, lemak tubuh, protein tubuh, dan retensi nutrien yakni retensi lemak, retensi protein, dan retensi energi. Komposisi tubuh ditentukan dengan cara sebaran ruang urea (Rule et al., 1986). Hasil penelitian menunjukkan kadar komposisi tubuh kambing PE yang diberi 15% rumput gajah + 20% jerami padi + 25% gamal + 10% kaliandra + 30% konsentrat menunjukkan kadar air dan protein tubuh paling tinggi akan tetapi kadar lemak tubuhnya paling rendah, namun secara statistik berbeda tidak nyata (P>0,05). Pada hasil kadar retensi nutrien menunjukkan pemberian ransum 15% rumput gajah + 20% jerami padi + 25% gamal + 10% kaliandra + 30% konsentrat menunjukkan hasil retensi lemak, retensi protein, dan retensi energi paling tinggi, namun secara statistik berbeda tidak nyata (P>0,05). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemberian komposisi hijauan yang beragam dengan level konsentrat yang berbeda pada ransum tidak berpengaruh terhadap komposisi tubuh dan retensi nutrient kambing PE.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Widnyana I.G, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Suryani N.N, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

IK.M Budiasa, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Published
2014-12-30
How to Cite
I.G, Widnyana; N.N, Suryani; BUDIASA, IK.M. PENGARUH KOMPOSISI HIJAUAN DENGAN LEVEL KONSENTRAT YANG BERBEDA PADA RANSUM TERHADAP KOMPOSISI TUBUH DAN RETENSI NUTRIEN KAMBING PERANAKAN ETAWAH (PE). Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 375-388, dec. 2014. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18477>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

kambing Peranakan Etawah, komposisi tubuh, dan retensi nutrien