PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT BENGGALA (Panicum maximum cv. Trichoglume) YANG DIBERI PUPUK ORGANIK DENGAN DOSIS BERBEDA

  • Arnawa IW. Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • Budiasa IK.M. Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • Witariadi NM. Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui jenis dan dosis pupuk organik yang paling baik untuk pertumbuhan dan produksi rumput benggala (Panicum maximum cv.  Trichoglume).  Penelitian dilaksanakan selama 10 minggu, di Rumah Kaca Laboratorium Tumbuhan Pakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, dengan menggunakan sobekan (pols) rumput benggala (Panicum maximum cv.  Trichogleme) sebagai bibit.  Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial dengan dua faktor, yaitu faktor pertama adalah jenis pupuk: kotoran kambing (K), kotoran sapi (S), limbah biogas (B), dan faktor kedua adalah dosis pupuk: tanpa pupuk (D0), dosis l0 ton/ha (D1), dosis 20 ton/ha (D2) dan dosis 30 ton/ha (D3).  Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan setiap kombinasi perlakuan diulang sebanyak 4 kali sehingga terdapat 48 pot penelitian. Variabel yang diamati yaitu: variabel pertumbuhan, produksi, dan karakteristik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian jenis dan dosis pupuk organik  memberikan pengaruh yang tidak nyata terhadap pertumbuhan dan produksi rumput benggala (P>0,05).  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian jenis pupuk organik kotoran kambing, kotoran sapi, dan limbah biogas pada dosis 10-30 ton/ha memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan dan produksi rumput benggala (Panicum maximum cv.  Trichoglume).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arnawa IW., Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Budiasa IK.M., Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Witariadi NM., Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Published
2014-08-30
How to Cite
IW., Arnawa; IK.M., Budiasa; NM., Witariadi. PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT BENGGALA (Panicum maximum cv. Trichoglume) YANG DIBERI PUPUK ORGANIK DENGAN DOSIS BERBEDA. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 225-239, aug. 2014. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18463>. Date accessed: 05 may 2024.

Keywords

rumput benggala, pupuk organik, pertumbuhan