Persepsi Penyuluh Tentang Penyelenggaraan Sistem Penyuluhan Pertanian Berdasarkan UU No 16 Tahun 2006 Di Kabupaten Tabanan

  • Alfred Tanggu Dendo PS Peternakan,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • Suparta IN. PS Peternakan,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • Nuraini NK PS Peternakan,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi penyuluh tentang penyelenggaraan sistem penyuluhan pertanian berdasarkan UU No 16 tahun 2006 di Kabupaten Tabanan, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian  dilaksanakan di Kabupaten Tabanan. Jumlah responden sebanyak 45 orang terdiri atas penyuluh PNS, penyuluh  Swasta, dan penyuluh  Swadaya yang diambil secara kuota (Sugiyono, 2001). Metode pengumpulan data  menggunakan instrumen  kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis  dengan analisis deskriptif dan analisis koefisien korelasi jenjang Spearman (Siegel, 1988). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi penyuluh mengenai  penyelenggaraan sistem penyuluhan pertanian berdasarkan UU No 16 Tahun 2006 di Kabupaten Tabanan termasuk dalam kategori baik. Faktor- faktor yang berhubungan dengan persepsi adalah Umur, Tingkat pendidikan, Keterampilan, Pengalaman, Sikap, dan Pengetahuan. Variabel  umur dan pengetahuan penyuluh masing-masing mempunyai hubungan yang nyata (P<0,05) dengan  tingkat persepsi untuk penyuluh Swasta, sedangkan  untuk  penyuluh PNS dan penyuluh  Swadaya mempunyai hubungan yang tidak nyata (P>0,10). Untuk variabel tingkat pendidikan, pengalaman, dan tingkat keterampilan penyuluh masing- masing  mempunyai hubungan yang tidak nyata (P>0,10) dengan persepsi penyuluh. Namun untuk variabel sikap menunjukkan hubungan yang berkorelasi negatif  nyata (P<0,05) dengan persepsi pada penyuluh PNS, dan penyuluh Swadaya, sedangkan pada penyuluh  Swasta menunjukkan  hubungan yang tidak nyata (P>0,10) dengan persepsi mengenai penyelenggaraan sistem penyuluhan pertanian berdasarkan UU No 16 Tahun 2006.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alfred Tanggu Dendo, PS Peternakan,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

PS Peternakan,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Suparta IN., PS Peternakan,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

PS Peternakan,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Nuraini NK, PS Peternakan,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

PS Peternakan,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Published
2014-08-30
How to Cite
DENDO, Alfred Tanggu; IN., Suparta; NK, Nuraini. Persepsi Penyuluh Tentang Penyelenggaraan Sistem Penyuluhan Pertanian Berdasarkan UU No 16 Tahun 2006 Di Kabupaten Tabanan. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 214-224, aug. 2014. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18462>. Date accessed: 05 may 2024.

Keywords

Persepsi, faktor – faktor yang mempengaruhi persepsi, UU No 16 Tahun 2006