TINGKAT PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN SEBAGAI PAKAN TERNAK SAPI PADA GAPOKTAN SIMANTRI DI KABUPATEN BADUNG

  • Wimayanti K Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
  • INGGRIATI N. W. T. Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
  • Suarta IG. Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan limbah tanaman sebagai pakan ternak sapi pada Gapoktan Simantri di Kabupaten Badung serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pemilihan lokasi penelitian menggunakan metode “purposive sampling”, dan penentuan responden dengan metode sensus yang berjumlah 48 orang terdiri dari dua orang pengurus dari Gapoktan Simantri di Kabupaten Badung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survai menggunakan instrumen penelitian berupa kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor penelitian menggunakan metode “Koefisien Korelasi Jenjang Spearman” (Siegel, 1977). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan limbah tanaman sebagai pakan ternak sapi pada Gapoktan Simantri di Kabupaten Badung termasuk dalam kategori sedang (skor 62,27%). Faktor-faktor seperti pengetahuan dan sikap masing-masing memiliki hubungan yang sangat nyata (P<0,01)  serta hubungan nyata (P<0,05) antara pendidikan non formal dan jumlah pemilikan ternak dengan tingkat pemanfaatan limbah tanaman sebagai pakan ternak sapi. Faktor lainnya seperti umur, pendidikan formal, jumlah pemilikan lahan, dan intensitas komunikasi memiliki hubungan yang tidak nyata (P>0,10) dengan tingkat pemanfaatan limbah tanaman sebagai pakan ternak sapi pada Gapoktan Simantri di Kabupaten Badung

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wimayanti K, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

INGGRIATI N. W. T., Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

Suarta IG., Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

Published
2014-08-30
How to Cite
K, Wimayanti; N. W. T., INGGRIATI; IG., Suarta. TINGKAT PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN SEBAGAI PAKAN TERNAK SAPI PADA GAPOKTAN SIMANTRI DI KABUPATEN BADUNG. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 177-188, aug. 2014. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18459>. Date accessed: 02 july 2024.

Keywords

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan limbah tanaman sebagai pakan ternak sapi pada Gapoktan Simantri di Kabupaten Badung serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pemilihan lokasi penelitian menggunakan metode “purposive sampling”