PENGARUH SUPLEMENTASI MINYAK IKAN LEMURU (Sardinela longiseps) DALAM KONSENTRAT MOLAMIX TERHADAP NON KARKAS INTERNAL SAPI BALI

  • Ardiyasa I.P Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • Sriyani N.L.P Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • Ariana IN.T Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Penelitian menggunakan rancangan kelompok teracak lengkap (randomized complete block design ),dengan tiga  perlakuan ransum dan empat  blok. Penelitian ini menggunakan 12 ekor sapi dengan bobot badan 262±11,27 kg. Sapi Bali di alokasikan secara acak  kedalam tiga perlakuan, yaitu sapi-sapi yang mendapat perlakuan kontrol RKMBI0 yaitu konsentrat molamix tanpa minyak ikan lemuru, RKMBI5 konsentrat-molamix berminyak ikan lemuru 5%, RKMBI10 konsentrat-molamix berminyak ikan lemuru 10%. Rumput gajah diberikan secara ad libitum yang dipotong dengan mesin chopper pada semua perlakuan dan konsentrat diberikan 3 kg/hari/ekor dengan dicampur bersama rumput. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, persentase tertinggi potongan non karkas internal bagian hati terdapat pada perlakuan RKMBI10 yaitu 1,70%, diikuti RKMBI5 1,59%, dan RKMBI0 yaitu 1,50% berbeda tidak nyata. Begitu juga untuk potongan non karkas internal lainnya ginjal,limpa paru-paru, dan jantung menunjukkan hasil yang berbeda tidak nyata (P>0,05) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemberian suplementasi minyak ikan lemuru dalam kosentrat molamix tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap potongan non karkas internal sapi bali.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ardiyasa I.P, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Sriyani N.L.P, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Ariana IN.T, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Published
2014-04-30
How to Cite
I.P, Ardiyasa; N.L.P, Sriyani; IN.T, Ariana. PENGARUH SUPLEMENTASI MINYAK IKAN LEMURU (Sardinela longiseps) DALAM KONSENTRAT MOLAMIX TERHADAP NON KARKAS INTERNAL SAPI BALI. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 136-142, apr. 2014. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18453>. Date accessed: 23 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

minyak ikan lemuru, non karkas internal