PENGARUH SUPLEMENTASI MINYAK IKAN LEMURU (Sardinela longiseps) DALAM KONSENTRAT-MOLAMIKSTERHADAP POTONGAN PRIMAL KARKAS SAPI BALI

  • mahardika A.I.G Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • Sriyani N.L.P Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • Oka A.A Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh suplementasi minyak ikan lemuru dalam konsentrat-molamiksterhadap sapi bali jantan dilakukan di desa Gobleg dan di RPH Temesi untuk pemotongan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini berupa sapi bali jantan yang berjumlah 12 ekor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh suplementasi  minyak ikan dalam ransum terhadappersentase potongan primal karkas sapi bali.Pengaruh pemberian perbedaan level suplementasi  minyak ikan dalam ransum terhadap  persentase potongan primal karkas sapi.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok, dengan tiga  perlakuan ransum dan empat  blok berat badan sehingga terdapat 12 unit percobaan.  Sapi-sapi dialokasikan secara acak  kedalam tiga perlakuan, yaitu sapi-sapi yang mendapat perlakuan kontrol RKMBI0yaitu konsentrat-molamiks tanpa minyak ikan, RKMBI5konsentrat-molamiks berminyak ikan 5%, dan RKMBI10konsentrat-molamiks berminyak ikan 10%. Rumput gajah diberikan secara ad-libitum yang dipotong dengan mesin chopper pada semua perlakuan. Konsentrat diberikan dua kali sehari sebanyak 3 kg/hari yang dicampur bersama rumput

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi minyak ikan lemuru dan peningkatan level suplementasi minyak ikan dalam konsentrat-molamiks tidak memberikan pengaruh nyata terhadap potongan primal karkas sapi bali bagian forequarter maupun hindquater.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

mahardika A.I.G, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Sriyani N.L.P, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Oka A.A, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Published
2014-04-30
How to Cite
A.I.G, mahardika; N.L.P, Sriyani; A.A, Oka. PENGARUH SUPLEMENTASI MINYAK IKAN LEMURU (Sardinela longiseps) DALAM KONSENTRAT-MOLAMIKSTERHADAP POTONGAN PRIMAL KARKAS SAPI BALI. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 91-99, apr. 2014. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18448>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

minyak ikan lemuru, potongan primal karkas