TINGKAT PENERAPAN TEKNOLOGI USAHA PETERNAKAN BABI LANDRACE BERBASIS LINGKUNGAN DI DESA WISATA TARO KECAMATAN TEGALLALANG KABUPATEN GIANYAR

  • Krishnayana I.P.A. PS Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar Bali
  • N. K. Nuraini PS Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar Bali
  • I. G. Suarta PS Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerapan teknologi usaha peternakan babi Landrace berbasis lingkungan di Desa Taro Kabupaten Gianyar, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian berlangsung selama enam bulan. Pemilihan lokasi penelitian ini menggunakan metode “purposive sampling”, dan penentuan responden sejumlah 40 orang peternak babi Landrace diambil secara purposive. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Adapun pengukuran variabel menggunakan skala jenjang 5 (lima). Untuk mengetahui hubungan faktor-faktor penelitian dan perbandingannya menggunakan metode  koefisien korelasi jenjang spearman dan uji jumlah jenjang wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penerapan teknologi usaha peternakan babi Landrace berbasis lingkungan di Desa Taro memiliki kategori sedang. Variabel pengetahuan dan jumlah pemilikan ternak untuk anggota kelompok memiliki hubungan sangat nyata (P<0,01) dan hubungan yang nyata (P<0,05). Sedangkan variable pengetahuan dan jumlah pemilikan ternak untuk bukan anggota kelompok masing-masing memiliki hubungan sangat nyata (P<0,01). Untuk  variabel umur, tingkat pendidikan formal, sikap dan intensitas komunikasi baik anggota kelompok maupun bukan anggota kelompok ternak babi Landrace di Desa Taro memiliki hubungan yang tidak nyata (P>0,10) dengan tingkat penerapan teknologi usaha peternakan babi Landrace berbasis lingkungan di Desa Taro.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Krishnayana I.P.A., PS Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar Bali

PS Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar Bali

N. K. Nuraini, PS Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar Bali

PS Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar Bali

I. G. Suarta, PS Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar Bali

PS Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar Bali

Published
2014-04-30
How to Cite
I.P.A., Krishnayana; NURAINI, N. K.; SUARTA, I. G.. TINGKAT PENERAPAN TEKNOLOGI USAHA PETERNAKAN BABI LANDRACE BERBASIS LINGKUNGAN DI DESA WISATA TARO KECAMATAN TEGALLALANG KABUPATEN GIANYAR. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 70-80, apr. 2014. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18418>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Babi Landrace, Desa Taro, Sapta Usaha Ternak, Tingkat Pendidikan