MOTIVASI PETANI PETERNAK DALAM MENERAPKAN SIMANTRI BERBASIS SAPI BALI DI DESA SELUMBUNG DAN MANGGIS, KECAMATAN MANGGIS, KABUPATEN KARANGASEM

  • Kartika I G. A. N. Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • I G. Suarta Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • N. K. Nuraini Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Penelitian ini berjudul Motivasi Petani Peternak Dalam Menerapkan Sistem Pertanian Terintegrasi Berbasis Sapi Bali di Desa Selumbung dan di Desa Manggis Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Selumbung dan Desa Manggis selama lima bulan yaitu dari bulan Juli sampai November 2013. Pemilihan lokasi menggunakan metode “purposive sampling”, dan penentuan responden ditentukan dengan metode sensus. Responden dari penelitian ini berjumlah 37 orang peternak yang merupakan semua anggota simantri di Desa Selumbung dan Manggis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi petani peternak dalam menerapkan simantri berbasis sapi bali di Desa Selumbung dan Desa Manggis serta mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Adapun pengukuran variabel menggunakan skala jenjang 5 (Effendi dan Singarimbun, 1989). Untuk mengetahui hubungan faktor-faktor penelitian menggunakan “Koefisien Korelasi Jenjang Spearmen” (Siegel, 1997). Untuk melihat perbedaan dari motivasi, umur, jumlah pemilikan ternak, tingkat pendidikan, pengetahuan, sikap, intensitas komunikasi, cita-cita masa depan, dan tingkat kepuasan menggunakan metode Uji Mann Whitney (“U Test”). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi petani peternak dalam menerapkan simantri berbasis sapi bali di Desa Selumbung lebih baik dibandingkan di Desa Manggis. Pada variabel pengetahuan, sikap, intensitas komunikasi, cita-cita masa depan, dan tingkat kepuasan masing-masing memiliki hubungan sangat nyata dengan motivasi dalam menerapkan simantri berbasis sapi bali. Sedangkan variabel umur, tingkat pendidikan, dan jumlah pemilikan ternak masing-masing memiliki hubungan tidak nyata (P<0,10) dengan motivasi petani peternak di Desa Selumbung dan desa Manggis dalam menerapkan simantri berbasis sapi bali.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kartika I G. A. N., Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
I G. Suarta, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
N. K. Nuraini, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Published
2014-04-30
How to Cite
I G. A. N., Kartika; SUARTA, I G.; NURAINI, N. K.. MOTIVASI PETANI PETERNAK DALAM MENERAPKAN SIMANTRI BERBASIS SAPI BALI DI DESA SELUMBUNG DAN MANGGIS, KECAMATAN MANGGIS, KABUPATEN KARANGASEM. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 51-61, apr. 2014. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/17995>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

motivasi, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi, simantri