STRATEGI PEMASARAN DAGING AYAM BROILER DI UD AYAM POTONG AL-KAROMAH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang dapat berpengaruh pada strategi pemasaran daging ayam broiler, menganalisis posisi usaha daging ayam broiler dalam industry peternakan, dan merekomendasikan strategi pemasaran yang tepat bagi produk daging ayam broiler. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di rumah pemotongan ayam di Denpasar Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2023. Responden penelitian ini berjumlah 43 orang, terdiri dari 35 orang responden konsumen rumah tangga, 5 orang responden konsumen industri, 2 orang responden pemegang kebijakan (pemerintah), 1 orang responden akademisi. Sumber data yang digunakan yaitu data pimer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, indepth interview, wawancara dengan bantuan kuesioner, dan penelusuran literatur yang terkait. Analisis pada penelitian ini menggunakan sebagai berikut 1) analisis IFE dan EFE; 2) analisis IE; 3) analisis SWOT; 4) analisis QSPM. Hasil dari analisis IFE dan EFE pada penelitian ini menunjukkan bahwa posisi usaha daging ayam broiler dalam industri peternakan berada pada sel IV pada matriks IE, yaitu masuk dalam divisi tumbuh dan berkembang dengan strategi intensif penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Berdasarkan hasil dari analisis SWOT dan QSPM, didapatkan bahwa strategi prioritas dalam pemasaran daging ayam broiler adalah differensiasi produk dengan nilai TAS 2,98.