Studi Kestabilan Sistem dan Pelepasan Beban (Load Shedding) Berdasarkan Standar IEEE di PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit IV

Main Article Content

N. Nuswantara W.G. Ariastina A. A. N. Amrita

Abstract

Dalam mengatasi kondisi overload generator saat terjadi gangguan yang menyebabkan ketidak stabilan, PT. Pertamina RU IV mengandalkan kerja load shedding berdasarkan SOP yang telah ditetapkan. Namun dalam pelaksanaannya prosedur SOP yang diberlakukan memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah belum sesuai dengan standar IEEE yang berlaku global, waktu untuk menstabilkan kembali sistem cukup lama, serta seringkali terjadi pelepasan beban yang sebenarnya tidak perlu. Oleh karena itu, dilakukan studi terhadap kestabilan sistem dan load shedding yang diberlakukan dengan menggunakan standar IEEE sebagai acuan. Hasil studi menunjukkan, penggunaan load shedding IEEE untuk mengatasi masalah kestabilan sistem di PT. Pertamina RU IV lebih efektif, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian kestabilan sistem dimana prosedur load shedding IEEE berhasil menstabilkan kembali frekuensi sistem menjadi 99,85% dalam waktu 23 detik, 98,5% dalam waktu 8 detik, 99,16% dalam waktu 40 detik menjadi 98,48% dalam waktu 70 detik pada 4 studi kasus yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
NUSWANTARA, N.; ARIASTINA, W.G.; AMRITA, A. A. N.. Studi Kestabilan Sistem dan Pelepasan Beban (Load Shedding) Berdasarkan Standar IEEE di PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit IV. Jurnal SPEKTRUM, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 66-75, july 2017. ISSN 2684-9186. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/31785>. Date accessed: 05 dec. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRUM.2017.v04.i01.p11.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)