FANDOM K-POP TEUME BALI DI DALAM EKONOMI KREATIF: TINJAUAN TERHADAP PROSUMPTION

  • Sri Saraswati Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Udayana
  • Ikma Citra Ranteallo
  • I Gusti Ngurah Agung Krisna Aditya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai aktivitas fandom boyband Korea Selatan Treasure Maker (Teume). Salah satu fandom Teume Bali membuktikan bahwa berbagai kegiatan tersebut menciptakan prosumption. Penelitian kualitatif-penjelasan ini menggunakan teori prosumption oleh George Ritzer. Penelitian ini mendeskripsikan kegiatan fandom Teume Bali dalam bentuk publikasi dan periklanan, yang sangat dibutuhkan oleh industri saat ini. Selain itu, anggota fandom juga menciptakan usaha kuliner dan berbagai produk merchandise kreatif dalam rangka ekonomi kreatif. Kedua hal ini disebut prosumption: secara bersamaan produksi dan konsumsi—konsumen menggunakan teknologi komunikasi digital untuk mengarsipkan dan menyebarkan konten media yang beragam. Berbagai subkultur mempromosikan produksi media Do-It-Yourself melalui acara streaming melalui YouTube. Konten video musik tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan penonton agar masyarakat luas dapat mengenali boyband asal Korea Selatan ini.


Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Fandom K-Pop, Prosumption, Teume Bali

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-16
How to Cite
SARASWATI, Sri; RANTEALLO, Ikma Citra; KRISNA ADITYA, I Gusti Ngurah Agung. FANDOM K-POP TEUME BALI DI DALAM EKONOMI KREATIF: TINJAUAN TERHADAP PROSUMPTION. JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI: SOROT, [S.l.], v. 3, n. 1, feb. 2023. ISSN 2827-914X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/98267>. Date accessed: 20 may 2024.
Section
Articles