PERAN PEREMPUAN DALAM MENCIPTAKAN KETAHANAN KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA GEDANGSEWU KABUPATEN TULUNGAGUNG JAWA TIMUR

  • Syaefuddin Yusuf Dwiputra Udayana university
  • Ni Made Anggita Sastri Mahadewi
  • Ni Luh Nyoman Kebayantini

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis peran perempuan dalam menciptakan ketahanan keluarga dengan kepala keluarga sebagai korban pemutusan hubungan kerja (PHK) pada masa pandemi Covid-19 di Desa Gedangsewu Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif dan analisis menggunakan teori fungsional struktural dari Robert K. Merton. Melalui penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa implikasi peran perempuan dalam menciptakan ketahanan keluarga di masa pandemi Covid-19 relatif besar dan memiliki dampak yang sangat kuat. Perempuan telah menunjukkan adaptasi positif terhadap berbagai permasalahan yang sedang dihadapi, namun mereka tidak memungkiri bahwa ada implikasi tak terduga terhadap peran perempuan, yang kebetulan mengiringi berbagai adaptasi positif untuk menciptakan ketahanan keluarga di masa pandemi Covid-19 ini.


Kata Kunci: Peran, Perempuan, keluarga, Ketahanan Keluarga

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-15
How to Cite
DWIPUTRA, Syaefuddin Yusuf; MAHADEWI, Ni Made Anggita Sastri; KEBAYANTINI, Ni Luh Nyoman. PERAN PEREMPUAN DALAM MENCIPTAKAN KETAHANAN KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA GEDANGSEWU KABUPATEN TULUNGAGUNG JAWA TIMUR. JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI: SOROT, [S.l.], v. 2, n. 01, july 2022. ISSN 2827-914X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/88893>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>