Pengguna Iphone di Kalangan Mahasiswa/Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana Dalam Perspektif One Dimensional Man
Abstract
Penelitian ini lebih fokus kepada pengguna iPhone di lingkungan mahasiswa/mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana. Pengguna iPhone di kalangan mahasiswa saat ini bukan lagi untuk komunikasi saja, akan tetapi dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menunjang aktivitas perkuliahan. Penelitian ini berusaha untuk menganalisa aktivitas penggunaan iPhone di kalangan mahasiswa/mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana menggunakan teori One Dimensional Man yang dijelaskan oleh Herbert Marcuse. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif-eksplanatif. Peneliti berupaya untuk melakukan wawancara secara mendalam kepada narasumber untuk mendapatkan informasi yang detail terkait penggunaan iPhone di kalangan mahasiswa/mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa mahasiswa/mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana memilih menggunakan iPhone dikarenakan gawai tersebut memiliki kamera dengan kualitas bagus yang dapat menunjang aktivitas perkuliahan mereka. Selain itu, terdapat alasan lain yakni mereka memilih iPhone dikarenakan tuntutan pekerjaan yang dimana tempat mereka bekerja mewajibkan menggunakan iPhone dengan seri tertentu. Jika dianalisa menggunakan teori One Dimensional Man, mahasiswa/mahasiswi pengguna iPhone tersebut sedang terjebak di dalam administrasi total yang diciptakan oleh perusahaan Apple. Administrasi total tersebut disampaikan dengan bahasa fungsional yang mudah dipahami, akan tetapi bahasa-bahasa tersebut mengabaikan atau menghapus sejarah yang ada. Hal-hal tersebut lah yang membentuk kebutuhan palsu di dalam penggunaan gawai iPhone. Perusahaan Apple telah berhasil membuat mahasiswa membeli dan menggunakan gawai iPhone yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka lewat imperium citra yang perusahaan Apple berikan.
