EMBEDEDDNESS OF SOCIO-ECONOMIC ACTIONS: SOUVENIR VENDORS AT SUKAWATI ARTS MARKET, INDONESIA
Abstract
Penelitian ini berfokus pada keterlekatan tindakan sosial ekonomi pedagang souvenir khas Bali di Pasar Seni Sukawati Gianyar. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan dan menganalisis keterlekatan yang terjalin diantara pedagang souvenir khas Bali di Pasar Seni Sukawati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif-eksplanatif. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah Keterlekatan Tindakan Sosial Ekonomi oleh Mark Granovetter. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya hubungan keterlekatan yang terjalin diantara pedagang souvenir khas Bali di Pasar Seni Sukawati Gianyar. Keterlekatan yang terjadi di pasar ini masuk kedalam dua konsep sesuai dengan pemikiran Mark Granovetter yaitu (undersocialized) dan (oversocialized). Kedua konsep ini terjadi diantara pedagang souvenir khas Bali di Pasar Seni Sukawati akan tetapi lebih condong dalam konsep oversocialized yang dimana para pedagang masih memegang teguh norma adat istiadat yang berlaku seperti harus saling tolong menolong dengan sesama, adanya rasa toleransi dan empati yang tinggi sehingga keterlekatan yang terjalin diantara pedagang bersifat positif serta menumbuhkan rasa kaharmonisan dalam hubungan yang terjalin diantara mereka.
Kata kunci: Granovetter, keterlekatan, tindakan sosial ekonomi, pedagang souvenir