KAJIAN PENGARUH SISTEM PENGGAJIAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN NATRABU MINANG RESTORAN BALI

Main Article Content

Puja Puja I Nyoman Gede Ustriyana Dwi Putra Darmawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai bagaimana pengaruh sistem penggajian terhadap kinerja karyawan Natrabu Minang Restoran Bali. Metode penelitian menggunakan purposive sampling yaitu teknik untuk menentukan sampel penelitian dengan beberapa pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang diperoleh nantinya bisa lebih representatif, artinya sampel data yang diambil sebanyak 35 responden dari 39 karyawan. Hal ini dikarenakan empat karyawan lainnya tidak memenuhi kriteria dalam penelitian penulis. Adapun kriteria pemilihan sampel terbagi menjadi kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (Sem-PLS). Metode ini dikenal sebagai pendekatan partial least square (Sem-PLS) yang merupakan metode SEM berbasis varian. Hasil penelitian menyatakan bahwa Sistem Penggajian berpengaruh signifikan terhadap pemberdayaan karyawan, terlihat dari nilai t-hitung (12,512) > t-tabel (1,96) dan nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05. Sistem Penggajian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, terlihat dari nilai t-hitung (5,911) > t-tabel (1,96) nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05. Sistem Penggajian berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi, terlihat dari nilai t-hitung (8,158) > t-tabel (1,96) nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05. Saran yang bisa diberikan penulis adalah perusahaan dapat memprioritaskan sistem penggajian dalam peningkatan kinerja karyawan, dimana terkhususkan pada dimensi sentralisasi-desentralisasi, karena ini memiliki nilai tertinggi diantara dimensi sistem penggajian yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PUJA, Puja; USTRIYANA, I Nyoman Gede; DARMAWAN, Dwi Putra. KAJIAN PENGARUH SISTEM PENGGAJIAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN NATRABU MINANG RESTORAN BALI. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, [S.l.], p. 188-200, dec. 2018. ISSN 2615-6628. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/soca/article/view/48310>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/SOCA.2018.v12.i02.p05.
Section
Articles

References

Amryyanti, Ruth. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan, Produk, Dan Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan pada LnC Skin Care Singaraja. Tesis Pascasarjana Universitas Udayana
Armstrong, M. dan H. Murlis. 2001. Reward Management Strategy and Practice Remuneration Strategy and Practice, The Art of HRD volume 9 (set of nine volume). Kogan Page, New Delhi
Astuti, S. D. 2004. Korelasi Pemberian Kompensasi Berupa Gaji dengan Kinerja Karyawan, Studi Kasus pada Karyawan PT X Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol 04:141-146.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Sess. Cetakan Keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi Kelima). Semarang: Universitas Diponegoro
Lawler. 1984. High Involvement Management: Participative Strategies for Improving Organizational Performance. CA: Jossey-Bass, San Francisco.
Mangkunegara, P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.
Padmi, Sri. K. D. Ni Md.2017. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah-buahan Segar di Moena Fresh. Skripsi Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Sunyoto, D. 2013. Metode dan Instrumen Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: PT Buku Seru
Syaumi, Istiana.2008. Kajian Dampak Sistem Penggajian Terhadap Kinerja Karyawan. Jakarta: Institut Pertanian Bogor.

Most read articles by the same author(s)