Jurnal SOCA (SOcial-economiC of Agriculture): Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian.  Diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Udayana yang ditandai dengan terbitnya p-ISSN Nomor 1411-7177 pada 29 Mei 2007. Jauh sebelum penggunaan p-ISSN diwajibkan untuk jurnal, pada tahun 2003 memperoleh akreditasi dari Departemen Pendidikan Nasional melalui Kep.Dikti-Depdiknas-RI No.34/Dikti/Kep/2003.  Sejalan dengan Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas-RI Nomor: 163/Diki/Kep/2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi, dimana Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian berubah menjadi Progam Studi Agribisnis, pengelolaan Jurnal SOCA terus berlanjut.  Berkat kerja keras serta dedikasi tingi dari pengelola, pada Tahun 2007 kembali terakreditasi dengan Surat Keputusan No.108/Dikti/Kep/2007, tanggal 23 Agustus 2007 dan berakhir pada Agustus 2010.  Selanjutnya, Tahun 2018, Jurnal SOCA menyesuaikan sistem manajemennya dengan memohon ijin operasional electronic-journal pada 19 Maret 2018 hingga akhirnya terbit dalam edisi online dengan seri e-ISSN Nomor 2615-6628. Di tahun 2019 SOCA berhasil terakreditasi peringkat tiga (SINTA-3) dengan nomor 28/E/KPT/2019 (berlaku sampai Vol 16,No1, Tahun 2022).

Jurnal SOCA mengakomodasi pemikiran original dengan focus pada bidang sosial-ekonomi pertanian dan  agribisnis dalam scope kajian antara lain: sosiologi pertanian, penyuluhan pertanian, komunikasi pembangunan, manajemen usaha tani, manajemen keuangan, rantai pasok, bisnis dan kewirausahaan.  Berbagai pemikiran original tersebut dapat berupa hasil penelitian, kajian teoretis, kajian metodologi, ulasan seminar, resensi buku, dan ulasan isu pembangunan pertanian yang aktual. Telaah kritis yang diekspose dapat mencerminkan suatu analisis kebijakan yang responsif, prediktif, antisipatif, disertai dengan solusi yang relevan dan kontekstual.  Jurnal SOCA juga merupakan media diseminasi hasil penelitian dosen, mahasiswa, peneliti, praktisi, dan masyarakat umum yang menaruh minat tinggi terhadap pembangunan pertanian.  Disamping itu, Jurnal SOCA sebagai media sharing antarpenulis, dimana penulis junior dengan gagasan, konsep serta hasil penelitian yang brilian dapat menimba pengalaman dari penulis senior dan menjadikannya sebagai mentor untuk memperoleh bimbingan serta motivasi, sehingga dapat menulis lebih baik lagi.

Penulis yang menjadi sasaran jurnal SOCA yaitu penulis junior/pemula yang memiliki gagasan, konsep atau hasil penelitian yang brilian mengenai social-ekonomi pertanian dan agribisnis. Dalam proses perjalanan dari tahun ke tahun SOCA lebih memfokuskan untuk membidik penulis junior/pemula sebagai kontributor naskah, hal ini didasarkan atas banyaknya karya skripsi dan tesis yang potensial tidak di terbitkan dengan baik. Dalam kesempatan ini SOCA akan menggali dan membuka pintu lebar  dijadikan sarana publikasi  skripsi dan tesis yang dihasilkan oleh penulis junior/pemula. Menjadi sebuah kebanggaan apabila naskah yg di terbitkan di SOCA adalah naskah yang yang tercipta dari proses review mendalam sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan output naskah berkualitas dan proses transfer pengetahuan dari reviewer ke penulis junior/pemula, sehingga di harapkan penulis junior/pemula dapat menjadikan SOCA sebagai wahana berlatih agar kelak mampu melangkah ke ranah jurnal internasional. Jurnal SOCA juga tidak menutup peluang bangi penulis senior/advanced untuk ikut berpartisipasi sekaligus membimbing penulis junior/pemula melalui artikel-artikel yang dapat di jadikan motivasi untuk menulis lebih baik lagi. Diharapkan dengan kehadiran Jurnal SOCA dapat dijadikan wadah untuk diseminasi secara luas, rekaman permanen  dan membangun reputasi atas karya yang dihasilkan sebelum melangkah ke ranah yang lebih luas yaitu jurnal internasional bereputasi.

SOCA terbit setahun tiga kali (Februari, Agustus dan Desember), tetapi mulai Tahun 2020 bulan terbit SOCA akan dirubah menjadi (Januari, Mei dan September) perubahan bulan ini didasarkan pada fenomena pada bulan-bulan tersebuk banyak karya skripsi dan tesis yang akan dipublikasi (visi SOCA ingin menampung karya dari penulis junior/pemula). Dalam satu volume  SOCA akan menerbitkan sebanyak  5 - 15 naskah. SOCA hanya menerima naskah yang belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses penerbitan di media publikasi lain, dan kehadirannya diharapkan dapat membangun reputasi atas karya yang dihasilkan sebagai langkah awal menuju jurnal internasional bereputasi.  Tata penulisan mengikuti persyaratan sesuai dengan yang diuraikan dalam author guidelines.

Vol 13 No 3 (2019): Vol. 13, No. 3, 2019

Published: 2019-12-17

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI MINAPADI DI KABUPATEN SUKOHARJO

Diyah Tri Lestari, Djoko Sumarjono, Titik Ekowati

304-316

View All Issues

SOCA merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan berkala di bidang social-ekonomi pertanian dan agribisnis.