DETERMINAN KEPUASAN BELANJA KONSUMEN SAYUR ONLINE
COSTUMER SATISFACION
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: mencari determinan kepuasan konsumen sayur (online) di antaranya adalah kepercayaan, penampilan produk (kemasan produk), kualitas produk, kualitas website, konten informasi, keanekaragaman produk, dan kemudahan transaksi. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan April 2018 s/d Juni 2018, selama kurang lebih 60 hari. Sedangkan tempat penelitian di daerah Salatiga Jawa Tengah, Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probality sampling dengan cara accidential sampling. Analisis data deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel penampilan produk (kemasan produk), kualitas produk, kualitas website, konten informasi, keanekaragaman dan kemudahan bertransaksi sangat berpengaruh atau signifikan terhadap kepuasan, sedangakan variabel kepercayaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan, dikarenakan ada faktor yang mempengaruhi kepuasan, yaitu hasil crosstab yang dimiliki nilainya sama besar tidak tinggi dan tidak rendah, sehingga untuk populasinya mengumpul atau tidak menyebar serta terdapat multikolinearitas yang cukup tinggi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Levin, I., P. dan Gaeth, G. J. (1988). How Consumers Are Affected by the Framing of Attribute Information Before and After Consuming the Product. Journal of Consumer Research. 15, 374-378.
Ribbink, Dina, Allard C. R. van Riel Veronica Liljander, dan Sandra Streukens. (2004) Comfort Your Online Customer: Quality, Trust, and Loyalty on The Internet, Managing Service Quality Journal, Vol. 14: 446 – 456.
Assael, H. (1998). Customer Behavior and Marketing Action. Ohio: SouthWestern College Publishing.
Artikel Jurnal Online
N. Zeane, “Dampak Kehadiran Internet,” Dampak Kehadiran Internet, (2009). [Online]. Available: http://zea-mpr.com/2009/11/dampak-kehadiran-internetdalam.html.
Shohibullana, I. H. (2014). Kontrol Diri Dan Perilaku Konsumtif Pada Siswa SMA
(Ditinjau dari lokasi sekolah). Jurnal Online Psikologi.
Buku
Risnita. (2012). Pengembangan Skala Model Likert. Edu-Bio, 3, pp.86-99.
Rofiq, Ainur. (2007). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia). Universitas Brawijaya.
Sidharta, Iwan & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada ECommerce. STMIK Mardira Indonesia, Bandung.
Siregar, S. (2014). Statisti Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta; Bumi Aksara.
Sugiyono. (2008). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.Suki, Norazah. (2011). A structural modelo
Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan. Bandung: Alfabeta.
David, l. Loudo dan Albert J. Della Bitta. 1998. Consumer Behavior: Third Edition, New York. Mc Graw Hill Book Company,1998.
Engel, James. F. Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard. (2003). Consumer Behavior. 11th
Edition. The Dryden Press, Orlando.
Purwanto, Erwan Agus, Dyah R. Sulistyastuti. .2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gava Media.
Risnita. (2012). Pengembangan Skala Model Likert. Edu-Bio, 3, pp.86-99.
Saragih, B. (2010). Agribisnis Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. IPB Press.Bogor
Supranto, J. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta.Jakarta
BPS. (2015). Perkembangan Beberapa Agregat Pendapatan dan Pendapatan per Kapita Atas Dasar Harga Berlaku Tahun 2010-2014. Badan Pusat Statistik. Jakarta
N. M. S. Anggraeni and N. N. K. Yasa, “E-Service Quality terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan dalam Penggunaan Internet Banking,” vol. 16, no. 2, pp. 293–306, (2012)
J. Fernando, T. D. Desyana, and A. Christian, “Pengaruh loyalitas Pelanggan Terhadap Berbelanja Secara Online,” Bina Nusant., (2014).
F. D. Davis, “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology,” Soc. Inf. Manag. Manag. Inf. Syst. Res. Cent. Univ. Minn., pp. 319–340, (1989).