POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL JAHE GAJAH (Zingiber officinale var. Roscoe) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Salmonella sp. YANG DIISOLASI DARI TELUR AYAM KAMPUNG

  • Carmen Gisela Chandrika Universitas Udayana
  • Retno Kawuri Lab Mikrobiologi PS Biologi FMIPA UNUD
  • A.A. Ketut Darmadi PS Biologi FMIPA UNUD

Abstract

Telur ayam kampung adalah salah satu sumber protein yang digemari masyarakat. Konsumsi telur ayam kampung mentah perlu diwaspadai oleh masyarakat karena terdapat resiko kontaminasi bakteri patogen, salah satunya adalah bakteri Salmonella sp. Antibakteri merupakan senyawa yang dihasilkan oleh organisme dan dapat menghambat pertumbuhan serta membunuh bakteri patogen. Jahe gajah (Zingiber officinale var. Roscoe) memiliki aktivitas antibakteri yang dapat digunakan sebagai pengobatan untuk infeksi bakteri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memeriksa kontaminasi Salmonella sp. pada telur ayam kampung mentah yang dijual pada Pasar Badung dan potensi ekstrak etanol jahe gajah (Z. officinale var. Roscoe) dalam menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella sp., serta mengukur Minimum Inhibitory Concentration (MIC) dari ekstrak etanol jahe gajah terhadap bakteri Salmonella sp. Keberadaan bakteri Salmonella sp. yang diisolasi dari telur ayam kampung yang dijual di Pasar Badung diuji dengan menggunakan metode pour plate pada media selektif Salmonella-Shigella Agar (SSA) dilanjutkan dengan uji biokimia sebagai uji konfirmasi. Uji daya hambat ekstrak etanol jahe gajah terhadap bakteri Salmonella sp. digunakan konsentrasi (90% (b/v); 80% (b/v); 70% (b/v); 60% (b/v); kontrol positif (ciprofloxacin 1%) serta kontrol negatif (etanol) dengan metode sumur difusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 144 sampel telur ayam kampung mentah, terdapat 4 sampel (2,78%) yang terkontaminasi bakteri Salmonella sp. Ekstrak etanol jahe gajah dapat menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella sp, dengan diameter daya hambat sebesaar 20,6 mm pada konsentrasi ekstrak 90% dan MIC dari ekstrak etanol jahe gajah terhadap bakteri Salmonella sp. adalah 10% dengan daya hambat sebesar 6 mm.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-25
How to Cite
CHANDRIKA, Carmen Gisela; KAWURI, Retno; DARMADI, A.A. Ketut. POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL JAHE GAJAH (Zingiber officinale var. Roscoe) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Salmonella sp. YANG DIISOLASI DARI TELUR AYAM KAMPUNG. SIMBIOSIS, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 174-187, sep. 2023. ISSN 2656-7784. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/92202>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JSIMBIOSIS.2023.v11.i02.p05.
Section
Articles