Program Library User Education Terhadap Optimalisasi Layanan Perpustakaan Stmik Stikom Indonesia

  • Sri Widiastutik STMIK STIKOM Indonesia
  • Ni Nengah Dita Ardriani STMIK STIKOM Indonesia

Abstract

Kunci sukses sebuah perpustakaan adalah keharmonisan hubungan antara pemustaka dengan pustakawan dalam berinteraksi. Terjalinnya interaksi antara kedua pihak sebagai pondasi utama tercapainya tujuan layanan sebuah perpustakaan, tersampaikannya layanan pustakawan selaras dengan terakomodirnya kebutuhan pemustaka. Sejak semula pustakawan dituntut untuk berorientasi terhadap kebutuhan pemustaka, namun dengan semakin pesat ilmu pengetahuan dan makin canggihnya teknologi, pemustaka pun mempunyai andil besar untuk memposisikan dirinya tidak ketinggalan informasi. Dewasa ini, pemustaka seolah dituntut sadar diri, tahu diri terhadap perkembangan yang terjadi jika tidak ingin tertinggal informasi. Dengan kata lain, seiring tingkat kebutuhannya terhadap informasi yang sangat tinggi, pemustaka pun dituntut untuk berorientasi pada informasi, yaitu beorientasi pada perpustakaan sebagai wadah (penampung) informasi, maupun pustakawan sebagai penyalur layanan informasi.Guna mengantisipasi ketidakharmonisan tersebut, pada penelitian ini diusulkan sebuah program Library User Education (LUE) – Malley (dalam IBLims, 2015) bagi pengguna (pemustaka) perpustakaan STIKI sebagai satu faktor yang menjembatani misinformation pemustaka terhadap tata cara maupun kebijakan perpustakaan. Diharapkan perpustakaan STIKI mampu memberikan layanan perpustakaan sebaik mungkin baik sumber daya perpustakaan, layanan maupun fasilitas. Begitu pula pemustaka diharapkan mampu mendapatkan tutorial (pengajaran), diberi pemahaman dan kesempatan untuk mengenal perpustakaan lebih dekat, sehingga pemustaka bisa memanfaatkan sumber-sumber informasi dan layanan perpustakaan secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2013. ODLIS-Online Dictionary for Library 19 and Information Science. IBLims: diakses dari Perpustakaan Politeknik KP Sidoarjo

Anwar, Ahmad. 2015. Memahami Karakter Pemustaka. IBLims:http://ahmad-cahperpus.blogspot.com/2012/04/ v-behaviorurldefaultvmlo_30.html

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian ; Suatu pendekatan praktek edisi revisiVI. Jakarta: Rineka Cipta

Basuki, Sulistyo. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia

Barata, Atep Adya. 2010. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex MediaKomputindo

Bungin, Burhan, 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi,dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Edisi Pertama

Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Gramedia

Davis, MaShana dan Kyrillidou.LibQUAL+ .Procedures Manual. 2009. Washington D.C: Association of Reaseach Libraries

Departemen Pendidikan Nasional RI. 2004. Perpustakaan Perguruan Tinggi ; BukuPedoman. Edisi ketiga. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Departement Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Gasperz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Jakarta: Yayasan Indonesia Emas

Gronroos, Christian. 1990. Service Management and Marketing; Managing the moments of Truth in service competition. Singapore: Maxwell Macmillan

Handoko T. Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Edisi II, Cetakan Keempat Belas. Yogyakarta: Penerbit BPFE

Harmawan. 2014. Manajemen Pemasaran dan Implementasikan di Perpustakaan http:// Byupustakawan. Wordpress.com

Haryani. 2012. Pendidikan Literacy Informasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi. IBLims

Hernon, Peter dan Nitecki, Danuta A. 2009. Service Quality: A Concept Not Fully Explored. Library Trends Vol. 49(4) Spring, 687-707

Hinton, Peter. 1993. Quality Public Service Finance and Management. Great Britain: Tudor Business

IBLims. 2015. Pendidikan Pemustaka (User Education) di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Posted by Mardiah http://bpsdmkp.kkp.go.id/apps/perpustakaan

Indarti, Widya. 2016. Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Proses Pembelajaran. IBLims: STP Jakarta

Indonesia. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Indonesia. Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran ; Edisi Kedua Belas Jilid 1. jakarta: Indeks

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa ;Edisi 2.Jakarta: Salemba Empat

Mathews, Joseph R. 2007. The Evaluation And Measurement of Library Services

McGraw-Hill, 1999. Marketing Information Products and Services ; A primer for librarian and information professionals

Moleong, Lexy. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munir. 2009. Kurikulum Berbasis TIK. Bandung: Alfabeta

Narendra, Pramukti. 2010. Survey dan penelitian perpustakaan untuk mengetahui kebutuhan pemustaka

ODLIS, Online Dictionary for Library and Information Science. http://www.abc- clio.com/ODLIS/odlis_A.aspx / Diakses 4 September 2013

Perpustakaan Nasional R.I. 2002. Pedoman Teknis Pengembangan Koleksi Layanan

Perpustakaan Nasional R.I./Nelwaty, Lily Suarni. – Jakarta: Proyek Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Nasional R.I.

Prianto, Sugeng, Haryani. 2011. User Education and Library Instruction di Perpustakaan Perguruan Tinggi. IBLims

Rahayuning, F. 2005. Mengkaji Pentingnya Pendidikan Pemustaka. IBLims

Sawono, Jonatan. 2013. Model Model Linier dan non linier dalam IMB SPSS 21 untuk riset. Jakarta: Elex Media Komputindo

Sudarsono. 2010. Pustakawan, Cinta dan Teknologi. ISSN: 9786029585803. Jakarta:ISIPII

Tim LPPM, STIKI. 2014. Panduan Hibah Penelitian Pengembangan Dosen STIKI. Denpasar: STIKI copyright

Widodo. 2015. Implementasi Teknologi Informasi di Perpustakaan. IBLims, BPSDM KP
Published
2018-02-28
How to Cite
WIDIASTUTIK, Sri; DITA ARDRIANI, Ni Nengah. Program Library User Education Terhadap Optimalisasi Layanan Perpustakaan Stmik Stikom Indonesia. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 6-19, feb. 2018. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/61192>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2018.v18.i01.p02.
Section
Articles