Re-Implementasi Mata Kuliah Esp Sebagai Support Value Bagi Peningkatan Kemampuan Daya Saing Mahasiswa di Dunia Kerja
Abstract
English for specific purposes (ESP) pada mata kuliah bahasa Inggris khususnya di STMIK STIKOM INDONESIA sesuai dengan jurusan yang ditempuh oleh mahasiswa. Sejak tahun 2009 hingga tahun 2013 mata kuliah ESP ini pernah diterapkan dan tidak diteruskan karena terjadi pembaharuan RPS yang mengacu pada standar kurikulum di STMIK STIKOM INDONESIA. Pada awal tahun 2016, berdasarkan pelaksanaan kurikulum yang baru pada mata kuliah Bahasa Inggris khususnya, dan mempertimbangkan pentingnya bahasa Inggris dalam meningkatkan daya saing di bidang teknologi maka penerapan mata kuliah ESP menjadi salah satu mata kuliah yang sangat diperlukan dan patut untuk diterapkan kembali. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan populasi adalah seluruh mahasiswa STMIK STIKOM INDONESIA tahun ajaran 2016 – 2017 dengan sampel pada dua kelas dari mahasiswa semester 6 dengan jumlah 40 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: 1) pengamatan, 2) kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% mahasiswa mendukung penerapan kembali mata kuliah ESP, hasil tersebut dikategorikan menjadi empat aspek penilaian, antara lain; 1) Kesadaran terhadap pentingnya bahasa Inggris terhadap masa depan mereka (92,33%), 2) Ketidakcukupan nilai mata kuliah bahasa Inggris (74,50%), 3) Kebutuhan mahasiswa terhadap ESP (87,83%), dan 4) Ketertarikan mahasiswa mempelajari bahasa Inggris (86,42%), 5) Penempatan mata kuliah ESP pada semester IV oleh 52,5% responden, menyusul 25% pada semester V. Penyusunan RSP pada materi ESP disesuaikan dengan mata kuliah pada jurusan yang ditempuh.
Downloads
References
Hedge, T. (1992). Writing: Resource books for teachers. Alan Maley (Ed.) Oxford: Oxford University Press.
Hermayawati. 2010. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Yogyakarta: Jurnal Sosio-Humaniora Vol 1, ISSN 2087-1899.
Nurhayati, 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. JURNAL BAHASA & SASTRA, VOLUME 9, NOMOR 2, JUNI 2008: Universitas Sriwijaya.
Sary, Fetty Poerwita. 2010. Hubungan Antara Motivasi dan Kecemasan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Institut Manajemen Telkom. Yogyakarta: Telkom University Press Vol. 10 No 2.
Schleppegrell, Mary and Bowman, Brenda. 1986. ESP: Teaching English for specific purposes. Washington, DC: Peace Corps.
Yusuf, Heri. 2011. Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Sastra Inggris UNISMA. Bekasi: Ejournal UNISMA Vol. 2 No. 2.