Peran Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Universitas Udayana yang Sedang Menyusun Skripsi
Abstract
Resiliensi merupakan kemampuan yang dimiliki individu untuk bangkit dari permasalahan atau kesulitan yang dihadapi dengan berbagai cara yang produktif. Resiliensi dipengaruhi oleh kemampuan untuk mengendalikan diri sehingga individu dapat bersikap tenang dan fokus menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Resiliensi juga dipengaruhi oleh keyakinan akan kemampuan yang dimiliki untuk dapat menyelesaikan suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap resiliensi pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap resiliensi pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah 149 orang Mahasiswa Universitas Udayana yang sedang menyusun skripsi. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala resiliensi, skala kecerdasan emosional, dan skala efikasi diri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,552, nilai koefisien determinasi sebesar 0,305 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0.05) dengan koefisien beta terstandarisasi pada variabel kecerdasan emosional sebesar 0,362 dan efikasi diri sebesar 0,355. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan efikasi diri secara bersama-sama berperan meningkatkan taraf resiliensi pada Mahasiswa Universitas Udayana yang sedang menyusun skripsi.
Downloads
References
Azwar, S. (2017). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anggraini, O. D., Wahyuni, E. N., & Soejanto, T. L. (2017). Hubungan antara efikasi diri dengan resiliensi menghadapi ujian pada siswa kelas XII SMAN 1 Trawas. Jurnal Konseling Indonesia, 2(2) 50-56.
Azzahra, F. (2017). Pengaruh resiliensi terhadap distres psikologis pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(1), 80-96.
Bandura, A. (1997). Self efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.
Ender, S. C., & Newton, F.B. (2000). Student Helping Student: a guide for peer educators on college Campuses. California: Jossey-Bass, Inc.
Fadillah, A. E. R. (2013). Stres dan motivasi belajar pada mahasiswa psikologi Universitas Mulawarman yang sedang menyusun skripsi. Ejournal Psikologi, 1(3), 254-267.
Field, A. (2009). Discovering statistic using SPSS 3rd Edition. SAGE Publication.
Goleman, D. (2000). Working with Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence: Mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grotberg, E. (1999). Tapping Your Inner Strength. Oakland, CA: New Harbinger Publications.
Hendriani, W. (2018). Resiliensi Psikologis: Sebuah Pengantar. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.
Jackson, R. & Watkin, C. (2004). The resilience inventory: Seven essential skill for overcoming life’s obstacles and determining happiness. Selection & Development Review, 20(6), 13-17
Legowo, V. A., Yuwono, S., & Rustam, A. (2010). Correlation between self efficacy and perception of leadership transformasional style with job participation on the employees. Jurnal Psikohumanika, 2(1), 22-32.
Luthar, S. S. (2003). Resilience and Vulnerability: Adaptation in the Contex of Childhood Adversities. Cambridge University Press.
Masten, A. S. (2015). Ordinary Magic: Resilience in development. Guilford Publications.
Mastuti, N. P. (2010). Hubungan efikasi diri dengan problem focus coping dalam menyusun skripsi pada mahasiswa psikologi. Naskah Tidak Dipublikasikan. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.
Mayasari, M. P., & Susilawati, L. P. K. A. (2019). Peran komunikasi interpersonal dan problem focused coping terhadap stres mahasiswa universitas udayana yang sedang menyusun skripsi. Jurnal psikologi Udayana, 88-98
Mirowsky, J., & Ross, C.E. (2003). Social causes of psychological distress. New York: Aldine de Gruyter.
Nainggolan, R. (2012). Hubungan latar pendidikan orangtua dengan kecerdasan emosional anak di yayasan pendidikan kristen taman kanak-kanak elida jl. Flamboyan raya iv no.2 tj. selamet kecamatan medan tuntungan. Naskah Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, Medan.
Oktaningrum, A., & Santhoso, F. H. (2018). Efikasi diri akademik dan resiliensi pada siswa sma berasrama di magelang. Gadjah Mada Journal of Psychology, 4(2), 127-134.
Pidgeon, A. M., Rowe, N. F., Stapleton, P., Magyar, H. B., & Lo, B. C. (2014). Examining characteristics of resilience among university students: an international study. Open Jurnal of Social Sciences, 2, 14-22.
Priyanto. (2012). Belajar cepat olah data statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Ofset.
Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor: 7 Keys to Finding Your Inner Strength and Overcoming Life’ Hurdles. New York: Broadway Books.
Rokhim, A. R. (2013). Hubungan antara motivasi belajar dengan optimisme masa depan pada mahasiswa program twinning di universitas muhamadiyah surakarta. Naskah Tidak Dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ruswahyuningsih, M. C., & Afiatin, T. (2015). Resiliensi pada remaja Jawa. Gadjah Mada Journal of Psychology, 1(2), 96-105.
Rustika, I. M. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik pada remaja. (Disertasi tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Santoso, S. (2016). Panduan lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Schultz, D., & Schultz, E, S. (2005). Theories of personality (8th ed). Wodsworth
Schunk, D. H., Pintrich, R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam pendidikan: teori, penelitian, dan aplikasi. Jakarta: PT. Indeks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).