Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi pada remaja awal di Kota Denpasar
Abstract
Motivasi berprestasi merupakandaya penggerak yang memotivasi semangat seseorang, mendorong seseorang untuk mengembangkan kreativitas dan menggerakkan semua kemampuan serta energi yang dimilikinya demi mencapai prestasi yang maksimal.Motivasi berprestasi mulai tumbuh pada usia remaja awal dimana mulai membentuk kebiasaan untuk mencapai suatu keberhasilan.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan terkait dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi pada remaja awal di Kota Denpasar.Data Dinas Pendidikan Kota Denpasar mencatat bahwa prestasi remaja awal di Kota Denpasar tebilang tinggi. Peningkatan motivasi berprestasi salah satunya dipengaruhi oleh dukungan sosial teman sebaya, teman sebaya memiliki peran penting dalam perkembangan remaja terutama pada tahapan perkembangan belajar dimana remaja yang banyak memiliki teman akan mampu meningkatkan minat terhadap pendidikan guna meningkatkan motivasi berprestasi. Sampel penelitian ini berjumlah 92 orang dengan metode analisa data yang digunakan adalah metode korelasi Pearson Product Moment. Hasil koefisien korelasinya yang diperoleh sebesar (+) 0,477 menunjukan adanya hubungan antara variabel dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi dan berada pada intensitas yang cukup kuat. Tanda positif (+) menunjukkan bahwa semakin positif dukungan sosial teman sebaya maka akan mengakibatkan semakin positif pula motivasi berprestasi.
Kata kunci: Dukungan sosial, teman sebaya, remaja awal, motivasi berprestasi.
Downloads
References
Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Ahady, N, R. (2010). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman
Sebaya dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII di SMP Islam Almaarif 01 Singosari yang Berdomisili di Pondok Pesantren. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Azwar, S. (2010). Dasar-Dasar Psikometri, Yogjyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2014). Dasar-Dasar Psikometri, Yogjyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S.(2015). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Edisi II, Yogjyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan Validitas, Edisi 4, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bali Antara News. (2016). 11 Siswa Denpasar Raih Medali Ajang OSN. Diunduh dari: https://bali.antaranews.com/berita/91185/11-siswa- denpasar-raih-medali-ajang-osn. Pada tanggal 16 September 2018.
Baron, R. A. & Byrne, D. (1997). Social psychology: 8th edition. Massachusetts: Allyn & Bacon.
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar. (2016). Siswa SMP di Denpasar Dominasi Nilai UN Tertinggi. Diunduh dari: https://pendidikan.denpasarkota.go.id/index.php/baca- berita/12456/Siswa-Denpasar-Dominasi-NUN-Tertinggi- SeminBali pada tanggal 12 Sepetember 2016
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar. (2017). Alamat SMP Negeri dan Swasta di Kota Denpasar.
Diunduh https://pendidikan.denpasarkota.go.id/index.php/lihat- saran/658/alamat-SD-dan-SMP-swasta-dan-negeri-di- denpasar pada tanggal 15 Mei 2017
dari:
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Feist, J,. & Feist, G. (2009). Teori Kepribadian Edisi 7, Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Gusrianti, Y. (2012). Hubungan Interaksi Sosial dalam Kelompok Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Air Tiris Kabupaten Kampar. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hamzah, B. (2015). Teori Motivasi & Pengukuran Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Hobfoll, S. E. (1986). Stress, Social Support and Women : The Series In Clinical and Community Psychology. New York : Herper dan Row.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi 5. Jakarta: Erlangga.
Iksan, M. (2013). Dukungan Sosial Pada Prestasi Dan Faktor Penyebab Kegagalan Siswa SMP dan SMA. Malang: Universitas Islam Negeri
Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar, Yogjyakarta: Aswaja Pressindo.
King, A. L. (2014). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif Edisi 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Mappiare, A. (2000). Psikologi remaja. Surabaya: Usaha Nasional. McClelland, D. (1987). Human Motivation. New York: Cambridge
University
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2012).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diunduh dari: http://jdih.kemdikbud.go.id/asbodoku/media/peruu/permen _tahun2012_nomor44.pdf pada tanggal 12 September 2016
Prabadewi,. & Widiasavitri, N. (2013). Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja Awal yang Tinggal di Panti Asuhan di Denpasar. Bali: Universitas Udayana
Prayascitta, P. (2010). Hubungan Antara Coping Stress Dan Dukungan Sosial Dengan
Motivasi Belajar Remaja Yang Orangtuanya Bercerai. Surakarta : Program
Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universita Sebelas Maret.
Rachmiati, T. (2010). Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Safaria, T. (2007). Kecenderungan Penyalahgunaan Napza Ditinjau dari Tingkat Religiusitas Regulasi Emosi, Motif Berprestasi, Harga Diri, Keharmonisan Keluarga dan Pengaruh Negatif Teman Sebaya. Universitas Ahmad Dahlan Fakultas Psikologi.
Saguni, F., & Amin, S. (2014). Hubungan Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Self Regulation Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 1 Palu. Palu : ISTIQRA. Seventh Edition, Jakarta.
Santoso, S. (2003). SPSS Statistik Multivariat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Santrock, J.W. (2007). Remaja Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Santrock, J.W. (2007). Remaja Edisi 11 Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Santrock, J.W. (2009). Perkembangan Anak. Edisi 11. Jakarta.
Erlangga
Sarafino, E. P.,& Smith, T.W. (2006). Health Psychology :
Biopsychosocial Interactions
Sarafino, E. P.,& Smith, T.W. (2011). Health Psychology :
Biopsychosocial Interactions
Sarwono, S.W., (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Sepfitri, N. (2011). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Motivasi
Berprestasi Siswa
SMAN 6 Jakarta. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Fakultas Psikologi.
Slavin, E. R. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi 1. Jakarta : PT. Indeks.
Slavin, E.R. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi 2. Jakarta : PT. Indeks.
Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Solih, M. (2014). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Berprestasi pada Siswa SMKN II Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata. S. (2000). Metode Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Taylor, S.E. Peplau, L.A., & Sears, D.O. (2009). Psikologi Sosial. Edisi Keduabelas. Alih Bahasa: Tri Wibowo, B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tribune Bali. (2017). Meresahkan 9 Pelajar Lakukan Pembegalan di Denpasar dan Kuta, Dipimpin Bocah 15 Tahun. Diunduh dari: http://bali.tribunnews.com/2017/10/03/meresahkan-9- pelajar-lakukan-pembegalan-di-denpasar-dan-kuta- dipimpin-bocah-15-tahun . Pada tanggal: 16 Juli 2018.
Ulfa, M., Lasmawa, W., & Candidasa, M. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar TIK Ditinjau dari Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas VII Muhammadyah Denpasar. Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha.
Papalia, Olds, & Feldman. (2001). Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Papalia, Olds, & Feldman. (2007). Human Development (9th Edition). New York : Mc Graw Hill.
Papalia, Olds, & Feldman, & R. D. (2008). Human Development (terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Prenada Media Group.
Priyatno, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: ANDI
Puspita, B. (2010). Meningkatkan Displin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Wijaya, R. (2018). Hasil Wawacara Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Remaja Awal Di Kota Denpasar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).