Penggalian dan Pengembangan Potensi Pariwisata Alam, Budaya, dan Religi di Rote Ndao, NTT

  • A. A. Ayu Murniasih Universitas Udayana
  • Purwadi . Universitas Udayana
  • Aliffiati . Universitas Udayana

Abstract

Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah ”mewujudkan pengembangan pariwisata yang berorientasi pada nilai-nilai pelestarian lingkungan dan budaya, yang berbasis masyarakat setempat (community based tourism), termasuk memberi manfaat besar bagi masyarakat dalam jangka panjang“. Tujuan tersebut hendak dicapai dengan mewujudkan target khusus penelitian, yaitu merumuskan strategi dalam memecahkan masalah pengembangan pariwisata yang kompetitif dan berkelanjutan. Adapun hal-hal yang hendak diketahui dan dipahami  dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (a)Potensi alam dan budaya apa saja yang sudah dikembangkan dan akan dikembangkan di Rote-Ndao ?, (b) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata ?, (c) Bagaimana problematika pengembangan pariwisata di daerah tujuan wisata ?, dan (d)Bagaimana strategi pengembangan pariwisata yang tepat bagi daerah tujuan wisata dilakukan?. Metode penelitian yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dan target tersebut di atas adalah metode kualitatif, dan ditunjang metode kuantitatif seperlunya, berparadigma fenomenologis dan interpretatif. Langkah-langkah yang ditempuh dalam konteks ini adalah sebagai berikut: (a) pengamatan dan wawancara mendalam, dan (b) analisis data secara interpretatif dengan pendekatan fenomenologis dengan menggunakan pendekatan interpretatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2017. Kabupaten Rote Ndao Dalam Angka, Rote Ndao : BPS Kabupaten Rote Ndao

Arida, Nyoman Sukma, 2009. Meretas Jalan Ekowisata Bali, Denpasar : Udayana University Press.

Coccossis, H.1996. Tourism and Sustainability: Perspectives and Implications, in Priestley.

---------------G. et al., Sustainable Tourism? European Experiences, UK: Cab. International.

Cole, Stroma, 2006. Tradition and Tourism: Dilemmas in Sustainable Tourism Development, A Case Study from The Ngada Region of Flores, Indonesia, dalam Pariwisata Budaya : Masalah dan Solusinya, Yoeti, dkk., Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Fox, James J. 1996. Panen Lontar, Perubahan Ekologi Dalam Kehidupan Masyarakat Pulau Rote dan Sawu, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Gyanto, 1958. Pulau Roti Pagar Selatan Indonesia: Djakarta NV. Ganaco. Kuncoro, Mudrajad

----------------, 2004. Otonomi Daerah dan Pembangunan Daerah, Jakarta : Erlangga.

Spillane, James J.,1987. Pariwisata Indonesia, Yogyakarta : Kanisius.

Sukaatmadja, I Putu Gde, 2016. Membangun Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal dalam Menghadapi Tantangan Global, Bali Update 2016, Prosiding Seminar Nasional, Denpasar : Pusat Kajian Bali UNUD.

Suwantoro, Gamal

----------------, 2004. Dasar-dasar Pariwisata, Yogyakarta : ANDI

Yoeti, H.Oka A. dkk., 2006. Pariwisata Budaya : Masalah dan Solusinya, Jakarta: PT Pradnya Paramita.
Published
2021-03-31
How to Cite
MURNIASIH, A. A. Ayu; ., Purwadi; ., Aliffiati. Penggalian dan Pengembangan Potensi Pariwisata Alam, Budaya, dan Religi di Rote Ndao, NTT. Sunari Penjor : Journal of Anthropology, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 7-18, mar. 2021. ISSN 2962-6749. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/penjor/article/view/75692>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/SP.2021.v5.i01.p02.
Section
Articles