Respon Pertumbuhan Pennisetum purpureum cv. Mott terhadap Pemupukan POC Manure Broiler yang Difermentasi dengan Bioaktivator MOL Bonggol Pisang

  • Mira Delima PS Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
  • - Asril PS Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
  • Alfiani Harahap PS Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

Abstract

 


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemupukan pupuk organik cair (POC) manure broiler yang difermentasi dengan bioaktivator mikroorganisme lokal (MOL) bonggol pisang terhadap pertumbuhan rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv. Mott). Materi penelitian berupa stek batang rumput gajah mini sebagai bahan tanam. Penelitian merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dosis POC manure broiler dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah P0 (kontrol/tanpa pemberian POC), P1 (50 ml/plot POC), P2 (100 ml/plot POC), dan P3 (150 ml/plot POC). Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman, lebar daun, diameter batang dan jumlah anakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian POC manure broiler dengan dosis 50-150ml tidak memberikan pengaruh terhadap tinggi rumput, lebar daun dan diameter batang, namun memperlihatkan pengaruh yang nyata (P?0,05) terhadap jumlah anakan rumput gajah mini. Penelitian menunjukkan bahwa, pemberian 50ml/plot POC merupakan perlakuan yang menghasilkan jumlah anakan rumput gajah mini terbanyak. 


Kata kunci: rumput gajah mini, pupuk organik cair, manure broiler, bonggol pisang, pertumbuhan 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-23
How to Cite
DELIMA, Mira; ASRIL, -; HARAHAP, Alfiani. Respon Pertumbuhan Pennisetum purpureum cv. Mott terhadap Pemupukan POC Manure Broiler yang Difermentasi dengan Bioaktivator MOL Bonggol Pisang. Pastura, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 58-62, sep. 2022. ISSN 2549-8444. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pastura/article/view/98373>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/Pastura.2022.v12.i01.p11.