Pertumbuhan dan Hasil Hijauan Asystasia gangetica (L.) subsp. Micrantha yang Dipupuk dengan Limbah Padat Rumah Potong Hewan (RPH) Terfermentasi

  • Joko Prasetyo Fakultas Peternakan Universitas Udayana
  • I Ketut Mangku Budiasa Fakultas Peternakan Universitas Udayana
  • I Wayan Wirawan Fakultas Peternakan Universitas Udayana

Abstract

 


 Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil hijauan Asystasia gangetica (L.) subsp. Micrantha yang dipupuk dengan limbah rumah potong hewan (RPH) terfermentasi, telah dilakukan di rumah kaca, Stasiun Penelitian Sesetan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana di Jalan Raya Sesetan Gang Markisa selama 8 minggu. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan tujuh ulangan sehingga terdapat 28 unit percobaan. Perlakuan yang diberikan adalah dosis pupuk limbah rumah potong hewan terfermentasi yang terdiri atas : 0 ton ha-1, 10 ton ha-1, 20 ton ha-1 dan 30 ton ha-1. Variabel yang diamati yaitu variabel pertumbuhan, variabel hasil daan variabel karakteristik tumbuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa pupuk limbah rumah potong hewan terfermentasi belum mampu meningkatkan pada variabel pertumbuhan, variabel hasil dan variabel karakteristik tumbuh. Perlakuan dosis 20 ton ha-1 pada tinggi tanaman menunjukan rataan paling tinggi sebesar 48,24 cm, perlakuan dosis 30 ton ha-1 pada berat kering total hijauan menunjukan rataan paling tinggi sebesar 4,89 g, dan perlakuan dosis 30 ton/ha pada nisbah berat kering total hijauan dengan berat kering akar menunjukan rataan paling tinggi sebesar 2,80 g. Disimpulkan bahwa pemberian limbah rumah potong hewan terfermentasi sebagai pupuk organik belum mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman Asystasia gangetica (L.) subsp. Micrantha. 


Kata kunci: limbah, fermentasi, Asystasia gangetica (L.) subsp. Micrantha, dosis, pupuk, pertumbuhan 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-23
How to Cite
PRASETYO, Joko; BUDIASA, I Ketut Mangku; WIRAWAN, I Wayan. Pertumbuhan dan Hasil Hijauan Asystasia gangetica (L.) subsp. Micrantha yang Dipupuk dengan Limbah Padat Rumah Potong Hewan (RPH) Terfermentasi. Pastura, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 27-31, sep. 2022. ISSN 2549-8444. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pastura/article/view/98366>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/Pastura.2022.v12.i01.p06.