Pengaruh Penggunaan Tepung Kemangi (Ocimum basilicum) sebagai Feed Additive Alami terhadap Produksi Telur Ternak Puyuh (Coturnix coturnix japonica)

  • Dhimas Teta Ferdiansyah Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jambi
  • - Noferdiman Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jambi
  • - Sestilawarti Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jambi

Abstract

 


 Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tepung kemangi dalam ransum terhadap produksi telur dan konversi ransum pada ternak puyuh. Alat yang digunakan yaitu tempat minum, tempat pakan dan 20 unit kandang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan puyuh betina berumur 21 hari sebanyak 200 ekor, bahan pakan yang digunakan adalah jagung, tepung ikan, dedak halus, bungkil kedelai, bungkil kelapa, minyak kelapa, CaCo3, topmix dan tepung kemangi. Perlakuan yang dicobakan adalah penambahan tepung kemangi dalam ransum meliputi: P0 (0% kemangi), P1 (1% kemangi), P2 (2% kemangi), dan P3 (3% kemangi). Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan menggunakan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Peubah yang diamati merupakan konsumsi ransum, produksi telur, bobot telur, massa telur, dan konversi ransum. Data yang terhimpun dianalisis dengan menggunakan analisis sidik ragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung kemangi dalam ransum sampai taraf 3% tidak berpengaruh nyata terhadap konsumsi ransum, produksi telur, bobot telur, massa telur dan konversi ransum. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penambahan tepung kemangi sampai taraf 3% tidak berpengaruh nyata terhadap produksi telur ternak puyuh. 


Kata kunci: kemangi, puyuh, produksi 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-23
How to Cite
FERDIANSYAH, Dhimas Teta; NOFERDIMAN, -; SESTILAWARTI, -. Pengaruh Penggunaan Tepung Kemangi (Ocimum basilicum) sebagai Feed Additive Alami terhadap Produksi Telur Ternak Puyuh (Coturnix coturnix japonica). Pastura, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 15-19, sep. 2022. ISSN 2549-8444. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pastura/article/view/98343>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/Pastura.2022.v12.i01.p04.