PEMBERIAN PUPUK ORGANIK FESES KUSKUS BERBASIS KONSUMSI BUAH TERHADAP BIOMASSA RUMPUT SETARIA (Setaria sphacelata) PADA DEFOLIASI KEDUA

  • Diana Sawen SubLab Agrostologi Fakultas Peternakan Universitas Papua
  • L. Nuhuyanan SubLab Agrostologi Fakultas Peternakan Universitas Papua
  • Sriani Nauw SubLab Agrostologi Fakultas Peternakan Universitas Papua
  • M. Junaidi SubLab Agrostologi Fakultas Peternakan Universitas Papua
  • B. T. Hariadi SubLab Agrostologi Fakultas Peternakan Universitas Papua

Abstract

Penggunaan pupuk organik sudah banyak dilakukan dalam budidaya hijauan pakan. Salah satu jenis
pupuk organik yang juga bisa dimanfaatkan yaitu yang berasal dari kotoran satwa kuskus yang ada di penangkaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biomassa rumput setaria berupa rasio daun batang, produksi segar, dan produksi bahan kering akibat pemberian perlakuan pupuk organik (PO) feses kuskus pada defoliasi kedua. Penelitian didesain dalam rancangan acak lengkap dengan 3 perlakuan yaitu: P0= kontrol; P1 = 40 g/polybag PO feses kuskus berbasis konsumsi pisang; dan P2= 40 g/polybag PO feses kuskus berbasis konsumsi avokad. Penelitian dilakukan dengan 4 ulangan dengan lama waktu 3 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penambahan masing-masing dosis 40 g/polibag PO feses kuskus berbasis konsumsi pisang dan avokad, secara analisis ragam nyata memberikan perbedaan terhadap biomassa rumput setaria (bobot segar dan produksi bahan kering), yaitu perlakuan P0 82 g/polybag, P1 dan P2 masing-masing, 123 g/polibag dan 122 g/polybag, sedangkan produksi BK 24,93 g (P0), 43,08 g (P1) dan 41,25 g (P2). Selain itu rasio daun batang dan bobot kering setaria juga tidak memberikan pengaruh. Dengan demikian disimpulkan bahwa P1 merupakan perlakuan terbaik yang mampu meningkatkan biomassa rumput setaria.


Kata kunci: biomassa, pupuk organik feses kuskus, Setaria sphacelata

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-21
How to Cite
SAWEN, Diana et al. PEMBERIAN PUPUK ORGANIK FESES KUSKUS BERBASIS KONSUMSI BUAH TERHADAP BIOMASSA RUMPUT SETARIA (Setaria sphacelata) PADA DEFOLIASI KEDUA. Pastura, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 81-85, july 2022. ISSN 2549-8444. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pastura/article/view/89426>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/Pastura.2022.v11.i02.p02.