PENGARUH INOKULAN BAKTERI ASAM LAKTAT DAN ADITIF TERHADAP KUALITAS DAN KARAKTERISTIK SILASE SORGUM MUTAN 2 1 BROWN MIDRIB (Sorghum bicolor L. Moench)

  • R. Sriagtula Fakultas Peternakan Universitas Andalas
  • I. Martaguri Fakultas Peternakan Universitas Andalas
  • J. Hellyward Fakultas Peternakan Universitas Andalas
  • S. Sowmen Fakultas Peternakan Universitas Andalas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi pengaruh penambahan inokulasi bakteri asam laktat (BAL) dan aditif terhadap kualitas dan karakterietik silase whole crop sorgum mutan brown midrib (Sorghum bicolor L. Moench) galur Patir 3.7 yang dipanen pada fase soft dough. Penelitian dilaksanakan secara eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap pola faktorial dengan 4 ulangan. Faktor A yaitu A1 = tanpa BAL, A2= penambahan BAL. Faktor B terdiri dari B1= tanpa aditif, B2= dedak, B3= jagung. Sumber BAL yang digunakan berasal dari inokulan komersil dari minuman fermentasi merk Yakult dengan dosis 1 ml (v/w) atau 11×109 CFU/ml/berat segar. Aditif terdiri dari dedak padi dan jagung halus digunakan sebanyak 3% (g/g)/berat segar. Parameter yang diamati adalah karakteristik dan kualitas silase meliputi nilai pH, nilai fleigh (NF), kandungan bahan kering (BK), protein kasar (PK), serat kasar (SK), lemak kasar (LK) dan Abu. Data dianalisis berdasarkan analisis keragaman menurut Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi (P>0,05) antara penambahan BAL dan aditif terhadap pH, NF, BK, PK, SK, LK dan abu, sedangkan faktor tunggal adititif memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) lebih tinggi terhadap kandungan BK silase whole crop sorgum mutan BMR. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara umum penambahan inokulan BAL dan aditif menghasilkan karakteristik dan kualitas silase yang sama, namun demikian penambahan dedak padi dan jagung halus menghasilkan BK silase yang lebih tinggi dibanding tanpa BAL dan aditif.


Kata kunci: aditif, BAL, brown midrib, silase, sorgum

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

R. Sriagtula, Fakultas Peternakan Universitas Andalas

Fakultas Peternakan Universitas Andalas

I. Martaguri, Fakultas Peternakan Universitas Andalas

Fakultas Peternakan Universitas Andalas

J. Hellyward, Fakultas Peternakan Universitas Andalas

iesiteguh@gmail.com

S. Sowmen, Fakultas Peternakan Universitas Andalas

Fakultas Peternakan Universitas Andalas

Published
2019-09-24
How to Cite
SRIAGTULA, R. et al. PENGARUH INOKULAN BAKTERI ASAM LAKTAT DAN ADITIF TERHADAP KUALITAS DAN KARAKTERISTIK SILASE SORGUM MUTAN 2 1 BROWN MIDRIB (Sorghum bicolor L. Moench). Pastura, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 40-43, sep. 2019. ISSN 2549-8444. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pastura/article/view/54861>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/Pastura.2019.v09.i01.p11.