PRODUKSI DAN KUALITAS RUMPUT GAJAH KATE (Pennisetum purpureum cv. Mott) YANG DITANAM DALAM PERTANAMAN CAMPURAN RUMPUT DAN LEGUM PADA PEMOTONGAN PERTAMA

  • Kaca I N. Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa
  • I G. Sutapa Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa
  • L. Suariani Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa
  • Y. Tonga Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa
  • N.M. Yudiastari Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa
  • N.K.E. Suwitari Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa

Abstract

Salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam meningkatkan produksi ternak ruminansia adalah tersedianya hijauan makanan ternak yang berkualitas sepanjang tahun. Hijauan makanan ternak yang berkualitas terutama terdiri dari rumput rumputan sebagai sumber energi dan leguminosa sebagai sumber protein. Di Indonesia, khususnya di Bali, petani ternak masih banyak memanfaatkan rumput lapangan sebagai pakan ternaknya, karena lahan yang khusus dipergunakan untuk menanam rumput tidaklah memadai. Oleh karena itu perlu dilakukan pertanaman campuran rumput dengan legume. Untuk menghasilkan produksi yang optimum maka perlu dilakukan pemupukan. Pemupukan yang dapat dilakukan oleh petani tanpa mengeluarkan biaya tambahan adalah pemberian pupuk organik kompos dan biourine. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Nopember 2015 sampai dengan Pebruari 2016. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 3x2, dengan 3 faktor jenis tanaman: Pennisetum purpureum cv. Mott tanpa legume (Rt); ditanam bersama sentro (Rs) dan ditanam bersama dengan kalopo (Rk): dan 2 jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk kompos (K) dan pupuk biourine (B). Masing- masing kombinasi perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Hasil percobaan menunjukkan hasil yang berbeda sangat nyata untuk parameter produksi total hijauan segar dan kering, jumlah anakan dan jumlah daun Pennisetum purpureum cv. Mott serta komposisi botani pemotongan pertama sedangkan untuk tinggi tanaman Pennisetum purpureum cv. Mott menunjukkan hasil yang berbeda tidak nyata Pengaruh yang nyata juga diberikan jenis tanaman terhadap kandungan protein Pennisetum purpureum cv. Mott, namun tidak berpengaruh nyata untuk kandungan serat kasar Pennisetum purpureum cv. Mott. Dapat disimpulkan bahwa pertanaman campuran Pennisetum purpureum cv. Mott dengan leguminosa mampu meningkatkan produksi dan kualitas hijauan.


Kata kunci: rumput gajah kate, leguminosa, produksi, kualitas hijauan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-11
How to Cite
I N., Kaca et al. PRODUKSI DAN KUALITAS RUMPUT GAJAH KATE (Pennisetum purpureum cv. Mott) YANG DITANAM DALAM PERTANAMAN CAMPURAN RUMPUT DAN LEGUM PADA PEMOTONGAN PERTAMA. Pastura, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 78 - 84, jan. 2019. ISSN 2549-8444. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pastura/article/view/45448>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/Pastura.2017.v06.i02.p08.