POTENSI BIO-SLURRY DALAM PENINGKATAN KARAKTERISTIK TUMBUH DAN PRODUKSI PASTURA CAMPURAN PADA LAHAN KERING DI DESA SEBUDI KARANGASEM

  • Suarna I W. Puslitbang Tumbuhan Pakan Universitas Udayana, Denpasar,Bali
  • I K.M. Budiasa Puslitbang Tumbuhan Pakan Universitas Udayana, Denpasar,Bali
  • T.I. Putri Puslitbang Tumbuhan Pakan Universitas Udayana, Denpasar,Bali
  • N.P. Mariani Puslitbang Tumbuhan Pakan Universitas Udayana, Denpasar,Bali
  • M. Hartawan Puslitbang Tumbuhan Pakan Universitas Udayana, Denpasar,Bali

Abstract

Penerapan Biogas kotoran ternak merupakan salah satu upaya mitigasi terhadap perubahan iklim. Di Bali saat in iterdapat 791 unit biogas dengan volume antara 3 sampai 11m3 perunit biogas. Pemerintah Provinsi Bali mengucurkan dana 10 milya rpertahun untuk mendorong pembangunan dan pemanfaatan biogas. Limbah biogas dikenal sebagai slurry yang selanjutnya dikelola sehingga menghasilkan bioslurry. Penelitian pemanfaatan pupuk bioslurry untuk meningkatkan karakteristik tumbuhdan produksi pasture campuran telah dilaksanakan pada lahan kering di Desa Sebudi Kabupaten Karangasem Provinsi Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan karakteristik tumbuh tanaman antara lain tinggi tanaman, luas daun spesifik, nisbah daun dengan batang tanaman, serta meningkatnya pemberian pupuk bioslury dapat meningkatkan produksi hijauan total rumput panikum atau paspalum yang ditanam bersama legume. Berat kering oven total hijauan rumput paspalum yang ditanam bersama rumput panikum dan legume Centrocema yang dipupuk dengan pupuk bioslurry yakni masing-masing sebesar 4,75 dan 4,36 tonha-1. Penggunaan pupuk organik akan menghasilkan kualitas hijauan yang semakin baik apabila diterapkan pada kombinasi penanaman rumput panikum, paspalum bersama leguminosa.


Kata kunci: pasture campuran, pupuk bioslurry, produksi dan karakteristik tumbuh, lahan kering

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-11
How to Cite
I W., Suarna et al. POTENSI BIO-SLURRY DALAM PENINGKATAN KARAKTERISTIK TUMBUH DAN PRODUKSI PASTURA CAMPURAN PADA LAHAN KERING DI DESA SEBUDI KARANGASEM. Pastura, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 70 - 73, jan. 2019. ISSN 2549-8444. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pastura/article/view/45446>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/Pastura.2017.v06.i02.p06.