PENGARUH BAP (BENZIL ADENIN PURIN) DAN NAA (NAPHTHALEN ACETIC ACID) TERHADAP EKSPLAN TANAMAN TURI (Sesbania grandiflora) DALAM MEDIA MULTIPLIKASI In Vitro

  • Mardhiyetti Mardhiyetti Fakultas Peternakan Universitas Andalas
  • Zulfadli Syarif Fakultas Pertanian Universitas Andalas
  • Novirman Jamarun Fakultas Peternakan Universitas Andalas
  • Irfan Suliansyah Fakultas Pertanian Universitas Andalas

Abstract

Turi merupakan leguminosa pohon. Perbanyakan turi secara vegetatif sulit dilakukan karena kemampuan turi untuk tumbuh kembali setelah dilakukan pemotongan sangat rendah. Penelitian dalam upaya perbanyakan turi melalui metode multiplikasi tanaman turi secara in vitro telah dilakukan di Laboratorium Kultur Jaringan. Eksplan yang digunakan adalah kotiledon, daun dan hipokotil steril tanaman turi. Media dasar yang digunakan adalah MS (Murashige skoog) yang diperkaya dengan vitamin. Sebagai sumber energi digunakan sukrosa sebanyak 30 g/l dan bacto agar 8g/l. Penelitian ini terdiri dari perlakuan BAP sebagai salah satu jenis sitokinin) secara tunggal yaitu MS + BAP 1 mg/l dan MS + BAP 2 mg/l, dan kombinas BAP dengan NAA (sebagai salah satu jenis auksin) yaitu MS + BAP 1mg/l + NAA 0,08 mg/l, MS + BAP 2 mg/l + NAA 0,08 mg/l. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi auksin dan sitokinin mampu memperbanyak shootled turi.
Kata kunci: turi, ksplan, Benzil Adenin Purin, Naphthalen acetic acid, in vitro

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-11
How to Cite
MARDHIYETTI, Mardhiyetti et al. PENGARUH BAP (BENZIL ADENIN PURIN) DAN NAA (NAPHTHALEN ACETIC ACID) TERHADAP EKSPLAN TANAMAN TURI (Sesbania grandiflora) DALAM MEDIA MULTIPLIKASI In Vitro. Pastura, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 35-38, sep. 2017. ISSN 2549-8444. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pastura/article/view/33906>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/Pastura.2015.v05.i01.p13.