INVENTARISASI HIJAUAN PAKAN KUDA PACUAN DI NUSA TENGGARA BARAT

  • Sudirman Sudirman Dosen Fakultas Peternakan Universitas Mataram - Mataram
  • Gde Mertha Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram - Mataram
  • Suhubdy Suhubdy Dosen Fakultas Peternakan Universitas Mataram - Mataram

Abstract

Pacuan kuda dilaksanakan setiap tahun di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diikuti oleh tidak kurang dari 700 ekor kuda pacuan dalam lima kelas lomba. Kegiatan ini umumnya berlangsung selama 1-2 minggu di Pulau Sumbawa dan senantiasa menjadi agenda hiburan rakyat serangkaian dengan acara perayaan hari-hari besar nasional maupun regional dan/atau lokal. Selama kurun waktu tersebut, semua kuda yang akan dilombakan diberikan pakan berupa hijauan dari jenis tumbuhan tertentu dan/atau spesifik. Tujuan penelitian ini adalah (1) menginventarisisr jenis-jenis tumbuhan yang dijadikan hijauan pakan kuda pacuan selama lomba berlangsung, dan (2) mengkaji komposisi nutrisi jenis hijauan pakan dimaksud. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Semua kuda pacuan yang berasal dari beberapa kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat yang
mengikuti lomba pacuan kuda di kabupaten Sumbawa tahun 2012 diamati pemberian pakannya, kemudian dilakukan identifikasi dan analisis komposisi nutrisi jenis hijauan yang diberikan. Untuk mengetahui jenis pakan yang diberikan, dilakukan pengamatan langsung dan wawancara dengan peternak kuda pacuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tercatat 9 jenis tumbuhan (2 famili, 8 marga) yang diberikan pada kuda pacuan selama lomba berlangsung, yaitu Alysicarpus vaginalis (Fabaceae), Desmodium dichotomum (Fabaceae), Cynodon dactylon (Poaceae), Cynodon sp. (Poaceae), Dactyloctenium aegyptium (Poaceae), Brachiaria sp. (Poaceae), Eleusine indica (Poaceae), Eulalia fimbriata (Poaceae) dan Leersia hexandra (Poaceae). Hijauan pakan diberikan pada kuda pacuan dalam bentuk pakan tunggal maupun kombinasi diantara jenis-jenis tumbuhan tersebut dengan komposisi nutrisi yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SUDIRMAN, Sudirman; MERTHA, Gde; SUHUBDY, Suhubdy. INVENTARISASI HIJAUAN PAKAN KUDA PACUAN DI NUSA TENGGARA BARAT. Pastura, [S.l.], v. 3, n. 2, dec. 2014. ISSN 2549-8444. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pastura/article/view/11183>. Date accessed: 27 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/Pastura.2014.v03.i02.p10.
Section
Articles

Keywords

jenis hijauan pakan, kuda pacuan, poaceae, fabaceae