Analisis Keragaman Gulma Pinggir Kandang Domba, Tepi Jalan dan di Bawah Naungan Lamtoro yang Berpotensi sebagai Hijauan Pakan

  • Sani Juwita Sirait Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB University
  • Muhammad Agus Setiana Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB University
  • Nur Rochmah Kumalasari Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB University

Abstract

 


 ABSTRAK 


Penelitian bertujuan untuk menganalisis karakteristik dan potensi gulma pinggir kandang domba, tepi jalan, dan di bawah naungan lamtoro sebagai hijauan pakan ternak ruminansia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplorasi jenis hijauan dan kapasitas tampung di lahan Unit Pendidikan dan Penelitian Peternakan Jonggol (UP3J). Ekplorasi hijauan menggunakan metode Summed Dominance Ratio, analisis komposisi botani, dan analisis indeks keragaman Shanon Wiener. Hasil eksplorasi menunjukkan keragaman tumbuhan yang sangat tinggi pada 3 lokasi tersebut dengan ditemukan 41 spesies tumbuhan. Spesies dominan yang ditemukan adalah Digitaria sanguinalis (L.) Scop. dan Ageratum conyzoides L. selanjutnya diikuti dengan Desmodium triflorum Linnaeus, Richardia scabra L. , Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl, Phyllanthus niruri L., Cynodon dactylon (L.) Pers., Cyperus rotundus L dan Sida rhombifolia, Fimbristylis dichotoma (L.). Hasil analisis komposisi botani pada tutupan lahan yang berbeda didominasi oleh rumput dengan proporsi 62,5%, legum 6,5%, gulma 30,9%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gulma dari area pinggir kandang domba, tepi jalan dan di bawah naungan lamtoro memiliki potensi untuk digunakan sebagai pakan ternak. 


Kata kunci: kapasitas tampung, komposisi botani, pinggir kandang, tepi jalan, bawah naungan lamtoro 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-21
How to Cite
SIRAIT, Sani Juwita; SETIANA, Muhammad Agus; KUMALASARI, Nur Rochmah. Analisis Keragaman Gulma Pinggir Kandang Domba, Tepi Jalan dan di Bawah Naungan Lamtoro yang Berpotensi sebagai Hijauan Pakan. Pastura, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 120-123, apr. 2023. ISSN 2549-8444. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pastura/article/view/107306>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/Pastura.2023.v12.i02.p09.