PENGARUH PUPUK ORGANIK TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS HIJAUAN PASTURA CAMPURAN PADA LAHAN KERING DI DESA SEBUDI KARANGASEM

  • I. W. Suarna
  • I. K. M. Budiasa

Abstract

Meningkatkan luasan tutupan vegetasi adalah salah satu upaya untuk berperan serta dalam meningkatkanpenyerapan gas rumah kaca yang menjadi pemicu munculnya perubahan iklim. Terkait hal tersebut tumbuhan pakanmemiliki peran yang sangat strategis karena selain dapat menyediakan hijauan pakan juga dapat meningkatkantutupan vegetasi dengan memanfaatkan lahan kering dan bahkan lahan kritis untuk penanaman tumbuhan pakan.Meningkatnya pemberian pupuk kandang sapi dan pupuk bioslury dapat meningkatkan produksi dan kualitashijauan total rumput panikum atau paspalum yang ditanam bersama legume. Berat kering oven total hijauanrumput paspalum yang ditanam bersama rumput panikum dan legume Centrocema yang dipupuk dengan pupukkandang sapi yakni masing-masing sebesar 4,75 dan 4,36 t ha-1. Penggunaan pupuk organik akan menghasilkankualitas hijauan yang semakin baik apabila diterapkan pada kombinasi penanaman rumput panikum, paspalumdan leguminosa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I. W. Suarna
Fakultas Peternakan Universitas Udayana
I. K. M. Budiasa
Fakultas Peternakan Universitas Udayana
How to Cite
SUARNA, I. W.; BUDIASA, I. K. M.. PENGARUH PUPUK ORGANIK TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS HIJAUAN PASTURA CAMPURAN PADA LAHAN KERING DI DESA SEBUDI KARANGASEM. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 19, n. 3, oct. 2016. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/25311>. Date accessed: 28 may 2022. doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2016.v19.i03.p08.

Keywords

pasture campuran, pupuk organik, produksi dan kualitas hijauan, lahan kering