KUALITAS HIJAUAN RUMPUT STENOTAPHRUM SECUNDATUM CV. VANUATU PADA BERBAGAI TARAF PEMUPUKAN NITROGEN DAN DALAM KONDISI TERNAUNG DAN TANPA NAUNGAN

  • I. W. SUARNA
  • N. W. SUKARJI

Abstract

RINGKASAN Percobaan rumah kaca telah dilaksanakan selama 9 bulan untuk mempelajari pengaruh pupuk nitrogen terhadap kualitas hijauan rumput Stenotaphrum secundatum Cv. Vanuatu dalam kondisi ternaung dan tanpa naungan di stasiun penelitian Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Sesetan, Denpasar. Rancangan percobaan yang dipergunakan adalah Rancangan Acak Lengkap pola Petak Terpisah dengan naungan sebagai petak utama dan pupuk nitrogen sebagai anak petak. Naungan terdiri atas tanpa dan dengan naungan, sedangkan pupuk nitrogen terdiri atas taraf 0 kg N/ha, 200 kg N/ha, 400 kg N/ha, 600 kg N/ha, 800 kg N/ha, dan 1000 kgN/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pupuk nitrogen belum memberikan pengaruh nyata terhadap kualitas hijauan terutama di bawah kondisi naungan yang berat. Belum diperoleh hubungan yang nyata antara komposisi kimia hijauan dengan nilai cerna hijauan pakan dengan persamaan regresi Y = 72.70981 + 0.445142 CP ns ? 1.31714 CF ns ; R 2 = 0.42. Ada kecendrungan bahwa peningkatan kandungan protein hijauan akan meningkatkan nilai kecernaan hijauan, Sebaliknya, peningkatan kandungan serat kasar akan menurunkan nilai kecernaan hijauan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I. W. SUARNA
Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
N. W. SUKARJI
Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Published
2012-09-02
How to Cite
SUARNA, I. W.; SUKARJI, N. W.. KUALITAS HIJAUAN RUMPUT STENOTAPHRUM SECUNDATUM CV. VANUATU PADA BERBAGAI TARAF PEMUPUKAN NITROGEN DAN DALAM KONDISI TERNAUNG DAN TANPA NAUNGAN. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 8, n. 3, sep. 2012. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/1689>. Date accessed: 16 apr. 2024.
Section
Articles