KEKUATAN OTOT LENGAN MEMENARUHI KEMAMPUAN CHEST PASS SISWA PEMAIN BASKET DI DENPASAR

  • Ketut Mascita Hening Pratiwi Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Indira Vidiari Juhanna Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Made Niko Winaya Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Ni Wayan Tianing Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Pendahuluan: Permainan basket membutuhkan komunikasi dan teknik kepada setiap anggota tim untuk mencapai keberhasilan dalam sebuah pertandingan. Terdapat beragam teknik dalam permainan basket, salah satunya chest pass. Chest pass membentuk kerjasama tim dalam permainan sehingga terjadi momentum permainan yang baik. Kemampuan chest pass yang baik dapat diperoleh dari kemampuan otot untuk kerkontraksi melawan tahanan dari otot disekitarnya, atau dapat disebut sebagai kekuatan otot lengan.


Metode:  Penelitian ini menggunakan metode potong lintang, dimana penelitian dan pengukuran dilakukan satu kali.Terdapat 90 sampel dalam penelitian ini dengan pengambilan sampel purposive sampling. Pengukuran dengan push and pull dynamometer dibutuhkan untuk mengetahui kekuatan otot lengan dan wall bounch test untuk mengukur kemampuan chest pass.


Hasil: Uji hipotesis dengan Chi-square didapatkan p sebesar 0,000 (p<0,05) dan nilai korelasi r = 0,79 yang memiliki korelasi yang sangat kuat dan searah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan terdapat hubungan kekuatan otot lengan dengan kemampuan chest pass. Sampel yang memiliki kekuatan otot yang baik memiliki kemampuan chest pass yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-13
How to Cite
PRATIWI, Ketut Mascita Hening et al. KEKUATAN OTOT LENGAN MEMENARUHI KEMAMPUAN CHEST PASS SISWA PEMAIN BASKET DI DENPASAR. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 180-184, sep. 2023. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/90612>. Date accessed: 11 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2023.v11.i02.p13.