AKTIVITAS FISIK BERHUBUNGAN DENGAN KESEIMBANGAN STATIS DAN DINAMIS LANSIA-SEBUAH STUDI POTONG LINTANG

  • Ni Komang Artini Yanti Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Anak Ayu Nyoman Trisna Narta Dewi Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • I Nyoman Adi Putra Departemen Ilmu Fisiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • I Gusti Ayu Artini Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Pendahuluan: Keseimbangan memiliki peranan penting dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Menurunnya kontrol neuromukuler, perubahan sendi, serta sistem lainnya menyebabkan kemampuan lansia untuk memjaga keseimbangan tubuh menurun, sehingga risiko jatuh pada lansia meningkat. Aktivitas fisik diperlukan untuk kualitas hidup lansia yang baik, jika selama bertahun-tahun lansia mengalami penurunan tingkat aktivitas fisik, akan dapat berdampak negatif pada kesehatan lansia termasuk gangguan keseimbangan statis dan dinamis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik terhadap keseimbangan statis dan dinamis lansia di Banjar Taman Griya Desa Adat Jimbaran.


Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional yang menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel yaitu 41 lansia yang sesuai dengan kriteria inklusi, eksklusi dan drop out yang telah ditentukan. Data dikumpulkan dengan mengukur aktivitas fisik menggunakan GPAQ, keseimbangan statis menggunakan Functional Reach Test dan keseimbangan dinamis dengan Time Up and Go Test.


Hasil: Hasil uji analisis non parametrik spearman rho dari aktivitas fisik dengan keseimbangan statis yaitu nilai p=0,000 (p<0,05) dan r=0,665, sedangkan hasil uji analisis non parametrik spearman rho dari aktivitas fisik dengan keseimbangan dinamis didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05) dan r=0,716.


Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas fisik terhadap keseimbangan statis dan dinamis lansia di Banjar Taman Griya Desa Adat Jimbaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-15
How to Cite
YANTI, Ni Komang Artini et al. AKTIVITAS FISIK BERHUBUNGAN DENGAN KESEIMBANGAN STATIS DAN DINAMIS LANSIA-SEBUAH STUDI POTONG LINTANG. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 18-24, jan. 2023. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/85293>. Date accessed: 20 june 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2023.v11.i01.p04.

Most read articles by the same author(s)