THE PERBANDINGAN SUPINE DIAPHRAGMATIC BREATHING DENGAN SITTING DIAPHRAGMATIC BREATHING TERHADAP PENINGKATAN INSPIRATORY CAPACITY PADA MAHASISWI PADUAN SUARA UNIVERSITAS UDAYANA

  • Siti Aminah Rihandayani Mahasiswi Program Studi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Udayana Denpasar
  • - Sugijanto Fakultas Fisioterapi Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Ari Wibawa Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran Udayana Denpasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan supine diaphragmatic breathing dengan sitting diaphragmatic breathing dalam meningkatkan inspiratory capacity pada mahasiswi paduan suara Universitas Udayana. Penelitian dilakukan dengan desain penelitian eksperimental Pre and Post Control Group , dimana didapatkan jumlah sampel untuk kelompok perlakuan 1 dengan intervensi supine diaphragmatic breathing sebanyak 11 orang dan pada kelompok perlakuan 2 dengan intervensi sitting diaphragmatic breathing sebanyak 11 orang. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Paired Samples T-test pada kelompok perlakuan 1, didapatkan nilai p = 0.0001. Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata peningkatan inspiratory capacity sebelum dan setelah perlakuan. Sedangkan pada kelompok perlakuan 2 diperoleh nilai p = 0,001. Nilai ini juga menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah perlakuan. Selanjutnya berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan Independent Samples T-test , nilai yang diperoleh adalah p = 0.483. Kesimpulan : tidak ada perbedaan yang bermakna (signifikan) pada hasil perlakuan supine diaphragmatic breathing dibandingkan perlakuan sitting diaphragmatic breathing dalam meningkatkan inspiratory capacity pada mahasiswi Paduan Suara Universitas Udayana.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
AMINAH RIHANDAYANI, Siti; SUGIJANTO, -; WIBAWA, Ari. THE PERBANDINGAN SUPINE DIAPHRAGMATIC BREATHING DENGAN SITTING DIAPHRAGMATIC BREATHING TERHADAP PENINGKATAN INSPIRATORY CAPACITY PADA MAHASISWI PADUAN SUARA UNIVERSITAS UDAYANA. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, may 2014. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/8438>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2014.v02.i02.p05.

Keywords

inspiratory capacity , supine diaphragmatic breathing , sitting diaphragmatic breathing , paduan suara