KONDISI PANDEMI TERHADAP PERUBAHAN POLA LATIHAN ATLET SEPAK BOLA DI JUNIOR SPORT ACADEMY HONGGONILO

  • Arif Pristianto Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah
  • Zemba Riski Maranti Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah
  • Siti Soekiswati 3Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah

Abstract

Pendahuluan: Kondisi pandemi COVID-19 yang telah melanda dunia memiliki dampak yang signifikan terhadap semua aspek kehidupan. Salah satu kegiatan yang terdampak adalah bidang olahraga sepak bola di kepelatihan Sport Academy Honggonilo. Pandemi COVID-19 menyebabkan frekuensi dan intensitas latihan dari para pemain/atlet berkurang. Kondisi pandemi mewajibkan atlet di Junior Sport Academy Honggonilo juga harus melakukan latihan rutin dengan mentaati protokol kesehatan yang berlaku. Kondisi ini terntunya mempengaruhi bentuk dan pola latihan yang diberikan pelatih kepada atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kondisi pandemi COVID-19 terhadap perubahan pola latihan atlet sepak bola di Junior Sport Academy Honggonilo.


Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional study dengan menggunakan kuesioner sebagai alat ukur kepada sampel yang berjumlah 27 orang pemain/atlet dari populasi yang berjumlah 35 orang. 


Hasil: Berdasarkan hasil uji korelasi yang dihitung menggunakan Spearman correlation, nilai koefisien korelasi yang didapat adalah 0,361. Nilai ini menunjukkan bahwa kondisi pandemi memiliki hubungan dengan perubahan pola latihan atlet.


Simpulan: berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kondisi pandemi COVID-19 dengan perubahan pola latihan atlet sepak bola di Junior Sport Academy Honggonilo.


 


Kata Kunci: pandemi, pola latihan, sepak bola

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-15
How to Cite
PRISTIANTO, Arif; MARANTI, Zemba Riski; SOEKISWATI, Siti. KONDISI PANDEMI TERHADAP PERUBAHAN POLA LATIHAN ATLET SEPAK BOLA DI JUNIOR SPORT ACADEMY HONGGONILO. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 191-194, sep. 2022. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/80512>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2022.v10.i03.p12.