KEBIASAAN POSISI DUDUK SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) BERISIKO MENGALAMI NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA SISWA SMK ANALIS KESEHATAN DITKESAD DI JAKARTA TIMUR

  • Winda Tri Ayuningtyas Applied Physiotherapy Undergraduate Study Program, Department of Physiotherapy, Health Polytechnic of Jakarta III
  • Zahra Sativani Department of Physiotherapy, Health Polytechnic of Jakarta III
  • Andy Martahan Andreas Hariandja Department of Physiotherapy, Health Polytechnic of Jakarta III

Abstract

Pendahuluan: Pandemi COVID-19 membuat siswa SMA/SMK melakukan PJJ menggunakan device, dan seringkali tidak memperhatikan posisi duduk dengan baik ketika di depan layar device, sehingga menimbulkan adanya risiko nyeri pada punggung bagian bawah.


Metode: Analitik observasional melalui pendekatan cross-sectional. Penelitian melalui platform online berupa video conference dan pengisian google formulir pada April-Mei 2021 dengan sampel sejumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data dengan pengisian kuesioner REBA (Rapid Entire Body Assessment) dan SBST (StarT Back Screening Tool). Analisa bivariat dengan uji chi-square.


Hasil: Uji chi-square menghasilkan nilai p-value 0,001 dengan p<?=0,05 dan tabel 2x2 menunjukkan skor odds ratio 26,267.


Simpulan: Hubungan antara kebiasaan posisi duduk saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap risiko nyeri punggung bawah pada siswa SMK Analis Kesehatan DITKESAD di Jakarta Timur ditemukan adanya signifikansi, responden yang memiliki kebiasaan posisi duduk risiko tinggi akan berisiko 24,267 kali merasakan nyeri punggung bawah dibandingkan responden yang memiliki kebiasaan posisi duduk risiko sedang.


 


Kata Kunci: posisi duduk, nyeri punggung bawah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-15
How to Cite
AYUNINGTYAS, Winda Tri; SATIVANI, Zahra; HARIANDJA, Andy Martahan Andreas. KEBIASAAN POSISI DUDUK SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) BERISIKO MENGALAMI NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA SISWA SMK ANALIS KESEHATAN DITKESAD DI JAKARTA TIMUR. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 169-173, sep. 2022. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/75315>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2022.v10.i03.p08.