KELUHAN MUSCULOSKELETAL PADA PRAMUNIAGA YANG BEKERJA DI RAMAYANA DEPARTMENT STORE DENPASAR

  • Dessyta Luxsmadewi Aryadhe Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • M Widnyana Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Ni Wayan Tianing Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Ni Nyoman Ayu Dewi Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Pramuniaga merupakan pekerja yang bertugas untuk mempromosikan suatu barang dan cenderung bekerja dalam posisi berdiri. Para pekerja mengeluhkan gangguan musculoskeletal sebagai risiko kesehatan yang sering terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keluhan musculoskeletal dan tingkat risiko yang dialami pramuniaga yang bekerja di Ramayana Department Store Denpasar. Penelitian ini merupakn penelitian observasional dengan desain studi cross sectional. Penelitian dilakukan di Ramayana Department Store Denpasar pada bulan Juli-Agustus 2019 dengan sampel yang berjumlah 58 orang. Teknik simple random sampling dijadikan sebagai teknik dalam mendapatkan sampel. Data awal didapatkan dari pengumpulan data yang dilakukan dengan melihat keluhan musculoskeletal menggunakan kuesioner Nordic Body Map yang dinyatakan dalam skor. Dalam penelitian ini digunakan analisis univariat yaitu keluhan musculoskeletal dan tingkat risiko keluhan musculoskeletal. Karakteristik sampel pada penelitian ini umur 18-25 tahun 39 orang dan umur 26-30 . Keluhan yang dirasakan responden dengan skor 2 mayoritas pada kaki kiri (43,1%), bahu kanan, betis kiri dan pergelangan kaki kanan (41,4%), responden dengan skor 3 mengalami keluhan pada pinggang (27,6%), punggung, betis kanan dan kaki kanan (25,9%) dan responden dengan skor 4 mengalami keluhan pada punggung, betis kiri dan betis kanan (3,4%). Proporsi responden yang memiliki keluhan musculoskeletal tingkat risiko rendah 39 orang, tingkat risiko sedang 18 orang dan tingkat risiko tinggi 1 orang. Responden mengalami keluhan pada daerah bahu, punggung, pinggang, betis, pergelangan kaki dan kaki. Keluhan musculoskeletal pada pramuniaga sebagian besar termasuk ke dalam tingkat risiko rendah.


Kata kunci: keluhan, musculoskletalNordic Body Map, pramuniaga

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-20
How to Cite
ARYADHE, Dessyta Luxsmadewi et al. KELUHAN MUSCULOSKELETAL PADA PRAMUNIAGA YANG BEKERJA DI RAMAYANA DEPARTMENT STORE DENPASAR. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 9, n. 3, june 2021. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/61838>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2021.v09.i03.p06.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>