PERBEDAAN TINGGI VERTICAL JUMP PADA PEMAIN BASKET DENGAN NORMAL FOOT DAN FLAT FOOT DI DENPASAR

  • Ni Nyoman Mekar Sari Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Indira Vidiari Juhanna Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Made Hendra Satria Nugraha Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • I Wayan Sugiritama Departemen Histologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar Bali

Abstract

Vertical jump merupakan salah satu aspek penting dalam mendukung prestasi pada pemaian basket. Vertical jump diketahui dengan mengukur tinggi lompatan yang dapat dijangkau. Vertical jump dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya bentuk arkus pedis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Tinggi Vertical Jump pada Pemain Basket dengan Normal Foot dan Flat Foot di Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian  cross sectional analitik dengan jumlah total sampel 54 orang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah bentuk arkus pedisnormal foot dan flat foot yang diukur menggunakan Wet Foot Print Test, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah tinggi vertical jump yang diukur menggunakan Vertical Jump Test. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov’s Test dan uji hipotesis Independent T-Test untuk mengetahui perbedaan tinggi vertical jump pada kelompok normal foot dan flat foot. Hasil uji Independent T-Test menunjukkan nilai p=0,505 (p>0,05), hasil ini menunjukan tidak terdapat perbedaan tinggi vertical jump yang signifikan pada pemain basket dengan normal foot dan flat foot.


Kata kunci: normal foot, flat foot, vertical jump, pemain basket

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-11
How to Cite
SARI, Ni Nyoman Mekar et al. PERBEDAAN TINGGI VERTICAL JUMP PADA PEMAIN BASKET DENGAN NORMAL FOOT DAN FLAT FOOT DI DENPASAR. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 90-93, may 2021. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/60664>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2021.v09.i02.p05.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>