THE INTERVENSI INTEGRATED NEUROMUSCULAR INHIBITATION TECHNIQUE (INIT) DAN INFRARED LEBIH BAIK DALAM MENURUNKAN NYERI MYOFASCIAL PAIN SYNDROME OTOTUPPER TRAPEZIUS DIBANDINGKANINTERVENSI MYOFASCIAL RELEASE TECHNIQUE (MRT) DAN INFRARED PADA MAHASISWA FISIOTERAPI

  • Ketut Laksmi Puspa Dewi
  • Ni Luh Nopi Andayani
  • I Made Krisna Dinata

Abstract

Myofascial pain syndrome ditandai dengan adanya trigger point pada tautband otot skeletal. Faktor yang memicu timbulnya myofascial yaitu beban berlebihan pada jaringan myofascial, repetitif mikrotrauma, dan kebiasaan postur yang jelek. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan intervensi antara integrated neuromuscular inhibitation technique dan infrared dengan intervensi myofascial release technique dan infrared pada penurunan nyeri myofascial pain syndrome otot upper trapezius. Penelitian ini menggunakan rancangan randomized pre test and post test control group design terhadap 20 orang yang dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok 1 diberikan integrated neuromuscular inhibitation technique dan infrared kemudian kelompok 2 diberikan intervensi myofascial release technique dan infrared. Hasil analisis data dengan paired sample t-test pada Kelompok 1 dengan beda rerata 3,330±1,711 dan p=0,000, sedangkan untuk Kelompok 2 dengan beda rerata 0,820±1,840 dan p=0,000. Dari hasil analisis tersebut dikatakan bahwa pada tiap kelompok terdapat penurunan nyeri yang bermakna. Berdasarkan uji independent samples t-test antara kelompok 1 dan 2 diperoleh nilai p=0,036 (p<0,05). Dapat disimpulkan bahwa intervensi integrated neuromuscular inhibitation technique dan infrared lebih baik dalam menurunkan nyeri myofascial pain syndrome otot upper trapezius daripada intervensi myofascial release technique dan infrared.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-13
How to Cite
DEWI, Ketut Laksmi Puspa; ANDAYANI, Ni Luh Nopi; DINATA, I Made Krisna. THE INTERVENSI INTEGRATED NEUROMUSCULAR INHIBITATION TECHNIQUE (INIT) DAN INFRARED LEBIH BAIK DALAM MENURUNKAN NYERI MYOFASCIAL PAIN SYNDROME OTOTUPPER TRAPEZIUS DIBANDINGKANINTERVENSI MYOFASCIAL RELEASE TECHNIQUE (MRT) DAN INFRARED PADA MAHASISWA FISIOTERAPI. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 2, may 2016. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/22082>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2016.v04.i02.p06.

Keywords

Myofascial pain syndrome integrated neuromuscular inhibitation technique; myofascial release technique; infrared