Latihan Intensitas Tinggi Menurunkan Nyeri pada Non-Specific Chronic Low Back Pain: Tinjauan Sistematis

  • Christopher Alvin Fabiano Wijaya Wijaya Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Jember, Jawa Timur
  • Sugiyanta Sugiyanta Laboratorium Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Jember, Jawa Timur
  • Novan Krisno Adji Laboratorium Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Jember, Jawa Timur

Abstract

Pendahuluan: Low back pain merupakan salah satu gangguan muskuloskeletal terbanyak di dunia dibandingkan dengan gangguan muskuloskeletal lain. Chronic low back pain ditandai dengan nyeri fluktuatif pada area punggung bawah lebih dari 3 bulan. Sembilan puluh persen kasus low back pain tidak dapat ditemukan diagnosis spesifiknya dan dikategorikan sebagai non-specific. Salah satu terapi non-farmakologi yang dilakukan adalah latihan fisik. Studi mengatakan latihan intensitas tinggi dapat mengakibatkan low back pain. Akan tetapi studi lain mengatakan latihan dengan intensitas yang semakin tinggi berkolerasi dengan penurunan nyeri yang semakin besar. Tinjauan sistematis ini bertujuan untuk membuktikan apakah latihan intensitas tinggi dapat menurunkan nyeri pada non-specific chronic low back pain.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian tinjauan sistematis. Sumber yang digunakan dalam penyusunan tinjauan sistematis ini adalah artikel yang diambil dari basis data Pubmed, Cochrane Library, Science Direct, dan Google Scholar. Penilaian risiko bias pada penelitian ini menggunakan PEDro Scales.


Hasil: Artikel yang didapatkan pada basis data yang telah ditentukan sebanyak 424 artikel selanjutnya melewati proses seleksi dan didapatkan hasil akhir 4 artikel yang digunakan dalam penyusunan tinjauan sistematis ini. Tiga artikel menunjukkan penurunan nyeri yang signifikan secara statistik dan 1 artikel mengalami penurunan tetapi tidak signifikan secara statistik. Pasien yang diberikan terapi berupa latihan fisik intensitas tinggi memiliki nilai nyeri tidak lebih dari 6,3.


Simpulan: Latihan intensitas tinggi dapat menurunkan nyeri pada non-specific chronic low back pain. Latihan yang didampingi oleh pengawas yang berkompeten dapat meningkatkan keamanan saat melakukan latihan intensitas tinggi.


 


Kata Kunci: low back pain, latihan intensitas tinggi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-22
How to Cite
WIJAYA, Christopher Alvin Fabiano Wijaya; SUGIYANTA, Sugiyanta; ADJI, Novan Krisno. Latihan Intensitas Tinggi Menurunkan Nyeri pada Non-Specific Chronic Low Back Pain: Tinjauan Sistematis. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 121-126, jan. 2024. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/102830>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2024.v12.i01.p20.