UNJUK KERJA MOBIL BERTRANSMISI MANUAL MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR LIQUIFIED GAS FOR VEHICLE (LGV)
Abstract
Bahan Bakar minyak (BBM) merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui maka cepat atau lambat akan habis. Dalam keadaan seperti ini diperlukan sebuah alternatif lain yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Penggunaan bahan bakar gas, khususnya Liquefied Gas for Vehicle (LGV) merupakan salah satu energi alternatif yang murah serta dapat meningkatkan performa mesin. Penelitian yang dilakukan yaitu pengujian unjuk kerja pada mobil bertransmisi manual pada kondisi stasioner. Pengujian unjuk kerja mobil ini dilakukan menggunakan alat Dyno test. Data hasil pengujian dianalisis dengan cara mendeskripsikan dan merangkum hasil-hasil pengujian dalam bentuk tabel dengan menggunakan Software Microsoft Excel, lalu di ubah ke dalam bentuk grafik. Data menunjukkan besarnya torsi dan daya yang dihasilkan menggunakan bahan bakar Premium dan LGV. Dari hasil pengujian, penggunaan bahan bakar Liquified Gas for Vehicle (LGV) menghasilkan Daya dan Torsi yang lebih baik dari pada bahan bakar Premium. Torsi mengalami kenaikan sebesar 4.84 % dan daya mengalami kenaikan sebesar 4.74 %.
Fuel oil (BBM) is a natural resource that can not be updated sooner or later will be depleted. In circumstances such as this required an alternative that can be used as a substitute for fuel oil. The use of fuel gas, especially Liquefied Gas for Vehicle (LGV) is a cheap alternative energy and can improve engine performance. Research done is test the performance of the manual transmission car in stationary conditions. Testing the performance of the car is done using a Dyno test. The test data is analyzed by describing and summarizing the test results in tabular form using Microsoft Excel software, then the change in the form of graphs. The data show the amount of torque and power produced by the engine using premium fuel and LGV. From the test results, the use of fuel Liquefied Gas for Vehicle (LGV) generate power and torque better than the Premium fuel. Torque has increased by 4.84% and power increased by 4.74%.
Downloads
References
Satiadiwiria, M.Y., 1986, Termodinamika, Bina Aksara, Jakarta.
Simanungkalit Robertus & Sitorus TB., 2013, Performansi Mesin Sepeda Motor Satu Silinder Berbahan Bakar Premium dan Pertamax Plus dengan Modifikasi Rasio Kompresi, Jurnal Teknik. Fakultas Teknik, Jurusan Mesin, Universitas Sumatera Utara, Medan. Vol. 5 No.1 Hal. 4, Medan
Keywords
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.