Minyak Atsiri Daun Kemangi (Ocimum × africanum Lour.) dan Efektivitasnya Sebagai Lotion Antinyamuk terhadap Aedes aegypti (Linnaeus, 1762) MINYAK ATSIRI DAN LOTION ANTINYAMUK

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ni Luh Made Yuli Indra Yanti Ni Luh Arpiwi Dwi Ariani Yulihastuti

Abstrak

Nyamuk Aedes aegypti L. merupakan vektor penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Salah satu upaya pengendalian vektor adalah dengan mengoleskan lotion antinyamuk pada kulit. Minyak atsiri daun kemangi diformulasikan menjadi lotion antinyamuk yang praktis dan mudah dibawa kemana mana. Pemakaian lotion antinyamuk dengan bahan aktif alami miyak atsiri daun kemangi merupakan salah satu solusi yang aman untuk mengusir nyamuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung rendemen, mengidentifikasi komponen senyawa aktif minyak atsiri daun kemangi, menguji daya proteksi lotion antinyamuk, menguji sifat fisik lotion dan menganalisis persepsi probandus terhadap lotion. Minyak atsiri dieksrak dengan destilasi uap. Senyawa aktif diidentifikasi dengan GC-MS. Uji daya proteksi lotion antinyamuk terhadap Ae. aegypti L. dilakukan di laboratorium dengan menggunakan tangan yang dimasukkan dalam kandang. Uji sifat fisik lotion meliputi uji organoleptik, pH, viskositas, homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendemen minyak atsiri daun kemangi sebanyak 0,26% ± 0,05 b/b. Hasil uji GCMS menunjukkan terdapat 25 komponen senyawa aktif minyak atsiri daun kemangi. Hasil uji daya proteksi terhadap nyamuk Aedes aegypti L. yang paling optimal yaitu lotion konsentrasi minyak atsiri kemangi 5%. Hasil uji organoleptik menunjukkan tekstur kental, warna putih kekuningan, aroma minyak olive dan kemangi dan kesan lembut pada kulit. Hasil uji pH, viskositas dan homogenitas menunjukkan bahwa lotion antinyamuk yang mengandung minyak atsiri kemangi telah memenuhi ketentuan dalam Standar Nasional Indonesia (SNI). Uji hedonik menunjukkan probandus menyukai lotion konsentrasi minyak atsiri kemangi 5%. Pengaruh lotion memberikan kelembutan, kenyamanan dan tidak adanya gejala sensitivitas setelah dioleskan pada kulit.


 


Kata Kunci: Aedes aegypti L., antinyamuk, DBD, minyak atsiri, daun kemangi, lotion

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

##submission.howToCite##
YANTI, Ni Luh Made Yuli Indra; ARPIWI, Ni Luh; YULIHASTUTI, Dwi Ariani. Minyak Atsiri Daun Kemangi (Ocimum × africanum Lour.) dan Efektivitasnya Sebagai Lotion Antinyamuk terhadap Aedes aegypti (Linnaeus, 1762). Metamorfosa: Journal of Biological Sciences, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 248-258, sep. 2020. ISSN 2655-8122. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/metamorfosa/article/view/61732>. Tanggal Akses: 19 may 2024 doi: https://doi.org/10.24843/metamorfosa.2020.v07.i02.p14.
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>