ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI ALAMI PENCERNAAN IKAN PATIN SIAM (Pangasius hypophthalmus ) SEBAGAI KANDIDAT PROBIOTIK

Main Article Content

Awari Susanti Periadnadi Periadnadi Nurmiati Nurmiati

Abstract

Penelitian tentang Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Alami Pencernaan Ikan Patin Siam (Pangasius hypophthalmus) Sebagai Kandidat Probiotik di laksanakan di Laboratorium Mikrobiologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, dari bulan Oktober 2015 sampai Mei 2016. Penelitian ini dilakukan dengan metoda ekperimen terhadap karakter mikroflora alami pencernaan ikan patin yang di analisis secara deskriftif. Bakteri indigenous di isolasi dengan medium GPA + CaCo3, isolat yang didapat di tentukan karakter dan potensi nya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa didalam usus Ikan Patin Siam pada medium GPA + CaCo3 ditemukan 32 x  106 cfu/g bakteri indigenous yang bersifat fermentatif, yang dapat mengubah gula menjadi asam. Keempat isolat yang didapatkan memiliki karakteristik garam positif dan gram negatif. Berbentuk batang, dengan bentuk koloni yang berbeda-beda, katalase yang bereaksi positif dan negatif serta motilitas yang positif. Pada isolat PIRI3 memiliki nilai indeks degradatif tertinggi 1,6 dan tergolong dalam bakteri asam laktat  pada genus Lactobacillus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUSANTI, Awari; PERIADNADI, Periadnadi; NURMIATI, Nurmiati. ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI ALAMI PENCERNAAN IKAN PATIN SIAM (Pangasius hypophthalmus ) SEBAGAI KANDIDAT PROBIOTIK. Metamorfosa: Journal of Biological Sciences, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 247-255, oct. 2017. ISSN 2655-8122. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/metamorfosa/article/view/35000>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/metamorfosa.2017.v04.i02.p17.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)