PEMANFAATAN SAMPAH ORGANIK KOTA SEBAGAI BAHAN DASAR PUPUK ORGANIK CAIR (POC) UNTUK PERTUMBUHAN Lactuca sativa L.var. crispa DENGAN SISTEM VERTIKULTUR

Main Article Content

Eka Muliani Zozy Aneloi Noli Periadnadi Periadnadi

Abstract

Pemanfaatan kembali sampah organik sebagai bahan dasar pupuk organik cair (POC) merupakan salah satu cara dalam mengatasi permasalahan sampah terutama di perkotaan. POC yang dihasilkan dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman, seperti Lactuca sativa var. crispa (selada merah). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi POC berbahan dasar sampah organik kota terhadap pertumbuhan selada merah yang ditanam dengan sistem vertikultur. Penelitian dilakukan dengan mengunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 kali ulangan. Perlakuan adalah konsentrasi POC (0%, 10%, 20%, 30% dan 40%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi POC memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun baru, luas daun, berat basah dan kadar klorofil total selada merah tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap berat kering tanaman. Konsentrasi POC terbaik untuk pertumbuhan selada merah adalah 10%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MULIANI, Eka; NOLI, Zozy Aneloi; PERIADNADI, Periadnadi. PEMANFAATAN SAMPAH ORGANIK KOTA SEBAGAI BAHAN DASAR PUPUK ORGANIK CAIR (POC) UNTUK PERTUMBUHAN Lactuca sativa L.var. crispa DENGAN SISTEM VERTIKULTUR. Metamorfosa: Journal of Biological Sciences, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 152-158, oct. 2017. ISSN 2655-8122. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/metamorfosa/article/view/34923>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/metamorfosa.2017.v04.i02.p03.
Section
Articles