Kajian Eksperimen Pola Aliran Udara 2-D yang Melintasi Kendaraan Model

  • I Putu Widiarta
  • Anak Agung Adhi Suryawan
  • I Gusti Ketut Sukadana

Abstrak

Abstrak
Aliran udara melintasi bodi kendaraan dapat mempengaruhi fenomena aliran yang terjadi, seperti terbentuk back flow dan wake akibat dari separasi aliran. Pola aliran udara dan distribusi tekanan statis pada kontur dapat terbentuk akibat dari aliran yang melintasi bodi kendaraan, analisis pola aliran dan distribusi tekanan akan menjadi lebih kompleks terhadap bentuk bodi yang berbeda. Penelitian visualisasi pola aliran udara yang melintasi bodi kendaraan dan distribusi tekanan statis pada kontur bodi dilakukan secara eksperimen, pengujian dilakukan di wind tunnel, dan diuji pada kecepatan udara 5,05 m/s. Bentuk bodi model kendaraan yang di gunakan adalah tipe box, sedan dan sport. Visualisasi pola aliran menggunakan media asap (smoke machine) dan distribusi tekanan statis diukur menggunakan inclined manometer. Separasi aliran akibat dari blockage mass pada model kendaraan box terjadi pada rasio x/l= 0,12, untuk model kendaraan sedan terjadi pada rasio x/l= 0,25. Separasi aliran akibat dari back flow pada model kendaraan sedan terjadi pada rasio x/l= 0,77, untuk model kendaraan sport terjadi pada rasio x/l=1. Stagnasi aliran terjadi pada masing-masing model kendaraan pada rasio x/l= 0 dengan nilai Cp= 1. Dari hasil visualisasi, separasi aliran pada model kendaraan box terjadi lebih awal dibandingkan dengan model kendaraan sedan dan sport. Bentuk bodi yang lebih aerodinamis membuat aliran yang melintasi bodi lebih sedikit mengalami gangguan.
Kata kunci: pola aliran udara, titik separasi, titik stagnasi, distribusi tekanan statis, koefisien tekanan
Abstract
External flow cross over the vehicle body, can be affect the flow phenomena, such as back flow and wake consequence flow separation. The air flow pattern and static pressure distribution can be shaped from the result of flow cross over the vehicle body, analysis of air flow pattern and static pressure distribution will difference to diverge body geometry. The research on visualization of air flow pattern cross over vehicle body and static pressure distribution body contour conducted an experiment, testing is carried in a wind tunnel and tested at velocity 5.05 m/s. The body geometry used vehicle box type, sedan and sport. Air flow pattern visualization by smoke media and static pressure measured used inclined manometer. Flow separation due to blockage mass at box vehicle model had in ratio x/l= 0.12, for sedan vehicle model had in ratio x/l= 0.25. Separation due to back flow had in sedan vehicle model at ratio x/l= 0.77, sport vehicle model had in ratio x/l= 1. Flow stagnation had in each vehicle model at ratio x/l= 0, with Cp value = 1. From result of visualization, flow separation at box vehicle model had in more beginning just than sedan vehicle model and sport. a more aerodynamics body shape makes the fow less disturbed.
Keywords: air flow pattern, separation point, stagnation point, static pressure distribution, pressure coefficient

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2021-01-01
##submission.howToCite##
WIDIARTA, I Putu; ADHI SURYAWAN, Anak Agung; SUKADANA, I Gusti Ketut. Kajian Eksperimen Pola Aliran Udara 2-D yang Melintasi Kendaraan Model. Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 10, n. 1, jan. 2021. ISSN 2302-5182. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/73136>. Tanggal Akses: 22 nov. 2024

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>